kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CEO Tokopedia: Teknologi Bisa jadi jalan pintas menuju Indonesia maju


Rabu, 31 Oktober 2018 / 17:51 WIB
CEO Tokopedia: Teknologi Bisa jadi jalan pintas menuju Indonesia maju
ILUSTRASI. William Tanuwijaya, CEO Tokopedia


Reporter: Martyasari Rizky | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. CEO sekaligus Founder Tokopedia, William Tanuwijaya menilai teknologi adalah sebuah jalan pintas baru untuk Indonesia menjadi lebih maju.

Indonesia dengan negara kepulauan yang sangat luas, selalu memiliki tantangan pemerataan pembangunan infrastruktur, bagi mereka yang di luar dari ibu kota tentu merasakan akses yang sangat terbatas, dari mulai akses pendidikan, sampai dengan akses kesehatan.

"Masalah seperti ini yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan teknologi. Teknologi sendiri merupakan sebuah infrastruktur, infrastruktur yang dapat membantu kita untuk melompat," ujarnya pada seminar yang bertemakan Lintas Generasi yang diselenggarakan di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan. Rabu (31/10).

William juga mencontohkan, seperti sekarang lewat inovasi ruang guru, dari daerah mana pun di Indonesia bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang sama baiknya. Serta lewat Tokopedia, siapa pun dapat membangun jalur distribusi baru ke seluruh Indonesia. Tentunya hal tersebut dengan lewat akses teknologi.

"Hampir mustahil untuk department store disebarkan ke seluruh penjuru Indonesia, hal itu pasti akan sangat terbatas. Maka dari itu teknologi merupakan faktor yang sangat penting. Hal-hal seperti ini lah yang hanya bisa ditangani oleh teknologi. Ini merupakan sebuah potensi, kita tidak bisa terus hanya menjadi pasar," ujarnya.

Maka dari itu, lahir lah perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia yang mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia, seperti halnya masalah ketimpangan. Dan teknologi lah yang menjadi harapan bagi Indonesia agar bisa melompat ke arah masa depan yang lebih maju.

Terkait hal tersebut, teknologi dengan internet masuk ke Indonesia sudah lebih dari satu dekade. Awalnya memang Indonesia hanya bisa menjadi negara pasar.

Sebelumnya, Indonesia menggunakan teknologi dengan internet hanya untuk sebagai media sosial dan menggunakan Google hanya sebagai search engine. Namun, dengan lahirnya generasi milenial, diharapkan Indonesia dapat memanfaatkan potensi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×