kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dalam waktu dekat, Hyundai siap investasi pabrik di Indonesia


Minggu, 30 Juni 2019 / 18:22 WIB
Dalam waktu dekat, Hyundai siap investasi pabrik di Indonesia


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor Company (HMC) akan segera merealisasikan investasinya di Indonesia. Rencananya ini ditegaskan pada pertemuan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dengan Executive Vice President HMC Park Hong Jae di Seoul, Selasa (25/6/2019).

Menperin menjelaskan Hyundai akan mulai produksi pada tahun 2021, dengan kapasitas 70.000 hingga 250.000 unit per tahun. Jenis kendaraan yang akan digarap di Indonesia, antara lain adalah SUV, MPV, hatchback, dan sedan.

“Targetnya, sebanyak 47% produksi untuk pasar domestik dan 53% untuk ekspor,” kata Airlangga dalam keterangan pers, Minggu (30/6). Pada kunjungannya di HMC saat itu, Airlangga sempat ikut menguji mobil berbahan bakar hydrogen yang dinamakan Hyundai Nexo.

Menperin juga mengamati teknologi yang diterapkan pada mobil fuel cell Hyundai Nexo tersebut. Menurutnya, Pemerintah Indonesia akan mendorong investasi industri kendaraan elektrik dengan pemberian fasilitas tax holiday.

Pabrik Hyundai di Indonesia yang lokasinya masih belum dikonfirmasi tersebut bakal mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 3.500 orang. Indonesia dinilai akan menjadi basis produksi mereka untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

“Hyundai telah menegaskan komitmen mereka untuk segera memulai investasi di Indonesia," tutur Airlangga. Ia menegaskan, prinsipnya Pemerintah mendukung rencana investasi baru tersebut dengan fasilitas fiskal yang sudah tersedia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto mengatakan, sejak awal Januari 2018, Hyundai mengungkapkan rencana untuk membangun pabrik di kawasan Asean dan Indonesia sebagai pilihan lokasinya.

“Apalagi, Indonesia memiliki bahan baku bijih nikel yang bisa digunakan untuk produksi baterai lithium-ion sebagai komponen penting kendaraan listrik,” ungkapnya.

Harjanto menjelaskan, dari total kapasitas produksi HMC di Indonesia, sebagian akan digunakan untuk membuat kendaraan listrik. Dari kapasitas itu, sebagian besar untuk mengisi pasar ekspor ke Asia Tenggara dan Australia, serta sisanya untuk memenuhi kebutuhan domestik.

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Industri dan Energi (MoTIE) Korea Selatan Sung Yun Mo menambahkan, penguatan kerja sama Indonesia dan Korea Selatan meliputi banyak sektor industri. Tidak hanya sektor industri baja dan kimia, tetapi juga akan menyasar ke sektor industri otomotif. Bahkan, investasi ini dinilai penting karena dapat memperdalam struktur manufaktur dan meningkatkan daya saing industri di Indonesia.

“Kerja sama otomotif juga membuka kesempatan untuk penyedia komponen, dengan kebutuhan komponen kendaraan yang cukup banyak, ini bisa memperkuat juga IKM di Indonesia. Kerja sama ini sangat berarti, karena akan meningkatkan daya saing, dan berkontribusi terhadap ekosistem industri yang lebih sehat,” paparnya.

Saat dikonforimasi, Presiden Direktur PT Hyundai Motor Indonesia, Mukiat Sutikno belum dapat menjelaskan banyak detail rencana tersebut. “Kami belum dapat info detail karena keterangan tersebut didapatkan Menperin Airlangga bersama Pihak Korea langsung,” kata Mukiat kepada KONTAN, Minggu (30/6).

Sekedar info, saat ini HMI masih dimiliki 100% kepemilikan lokal. Selain itu di Indonesia, HMI memiliki pabrik perakitan yang merakit model Hyundai H-1. "Skema investasi nantinya kita belum tahu seperti apa," paparnya.

Secara terpisah, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto menjelaskan dirinya belum mengetahui secara detail informasi investasi tersebut. Namun dirinya mengaku ini merupakan keberlanjutan pertemuan Menperin dan pihak Hyundai beberapa bulan silam.

“Yang jelas investasi manapun baik untuk kemajuan industri dalam negeri. Saya harap nantinya ini bisa juga menyerap tenaga kerja dan memajukan industri otomotif nasional,” kata Jongkie kepada KONTAN, Minggu (30/6).

Jongkie yang saat ini juga Wakil Komisaris PT Hyundai Motor Indonesia menjelaskan potensi pasar mobil Indonesia terus dilirik oleh para produsen otomotif global. Ditambah kemajuan pendapatan per kapita serta kondisi iklim usaha yang baik jadi tambahan nilai positif bagi calon investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×