kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Digitalisasi SDM, Pelabuhan Indonesia I gandeng Telkom Indonesia


Rabu, 13 Maret 2019 / 20:10 WIB
Digitalisasi SDM, Pelabuhan Indonesia I gandeng Telkom Indonesia


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam merealisasikan komitmen perusahaan untuk mengelola karir dan talenta berbasis digital, PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia akan membangun aplikasi berbasis digital yang dikenal dengan Integrated Talent Management System (ITMS).

"Aplikasi ITMS ini nantinya bertujuan untuk membuat sistem pengelolaan dan kesempatan pengembangan karir pegawai yang sistematis," ujar M. Hamied Wijaya, Direktur SDM Pelindo 1 dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/3).

Menurut Hamied, sejauh ini dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) Pelindo I saat ini tidak lagi menerapkan sistem manual melainkan bertransformasi kepada sistem digital.

"Pembangunan Aplikasi ITMS ini akan membuat sistem pengelolaan karir pegawai yang transparan dan sistem yang memungkinkan karyawan untuk mengelola, merencanakan karir dan pengembangan dirinya," tuturnya.

Selain itu, aplikasi ini juga nantinya akan memudahkan integrasi data talent ke Kementerian BUMN. "Aplikasi ini rencananya akan launching pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang," tuturnya.

Sementara, M. Deta Septianto, Steering Committee pembangunan aplikasi ITMS menambahkan, bahwa dengan adanya aplikasi ITMS ini pengelolaan talent akan lebih tertata secara sistematis dan rapi. "Perusahaan dapat dengan mudah mencari dan menentukan talent-talent yang unggul dalam suatu bidang pekerjaan," tuturnya.

Menurut Deta, plikasi ini juga mampu meningkatkan keaktifan pegawai dalam menentukan karirnya dalam perusahaan karena dalam setiap proses tahapan akan ada beberepa penilaian yang diukur sehingga membuat pegawai aktif untuk melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap dirinya.

Selain itu, kata Deta aplikasi ITMS ini juga memiliki keunggulan lainnya seperti tata kelola karir yang lebih baik, kemampuan untuk visualisasi dan analisis data untuk para petinggi perusahaan serta memastikan bahwa data dapat di kompulir secara baik, sehingga mengurangi kemungkinan perbedaan data.

"Ke depannya aplikasi ini direncanakan akan diterapkan kepada seluruh pegawai baik talent dan top talent," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×