kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung kesetaraan, persentase pemimpin perempuan di Sampoerna capai 30 %


Kamis, 29 April 2021 / 14:23 WIB
Dukung kesetaraan, persentase pemimpin perempuan di Sampoerna capai 30 %
ILUSTRASI. Direktur Sampoerna Elvira Lianita


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) senantiasa berupaya menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan adil, serta memberikan kesempatan yang sama kepada setiap karyawannya, baik laki-laki maupun perempuan, termasuk melalui berbagai penugasan proyek dan program kepemimpinan. \

Saat ini, keterwakilan perempuan di jajaran direksi mencapai 50 %, sementara untuk tingkat manajerial telah mencapai sekitar 30 %.

Demikian hal ini disampaikan Direktur Sampoerna Elvira Lianita pada webinar bertajuk "Peran Perempuan sebagai Penggerak Ekonomi di Masa Pandemi", Jumat (23/4) lalu.

Selain Elvira, turut hadir sejumlah pemimpin perempuan Indonesia, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokogow. "Keragaman dan inklusi adalah fondasi bagi kesuksesan Sampoerna," ujar Elvira.

Baca Juga: Industri rokok masih tertekan, simak rekomendasi saham untuk HM Sampoerna (HMSP) I

Ia mengatakan, Sampoerna merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi kesetaraan upah dari Equal Salary Foundation. Penghargaan yang diberikan selama dua tahun berturut-turut sejak 2019 atas upaya Sampoerna dalam menciptakan lingkungan kerja yang inklusif.

Tak hanya itu, Sampoerna juga memperoleh penghargaan Top Employer dari Top Employer Institute selama empat tahun berturut-turut atas upaya perusahaan dalam berbagai hal, termasuk dalam hal keberagaman dan inklusivitas.

Dalam tahapan rekrutmen, lanjut Elvira, Sampoerna juga memastikan memiliki kandidat yang seimbang dalam hal gender untuk memastikan perusahaan telah memberikan kesempatan yang sama.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah mendukung kesetaraan gender, termasuk melalui APBN. Pemerintah, misalnya, memberikan berbagai bantuan kepada para pelaku UMKM, yang mayoritas perempuan.

Baca Juga: Cukai Masih Menekan Emiten Rokok, Simak Rekomendasi Saham HMSP, GGRM, dan WIIM

Salah satunya adalah program keluarga harapan (PKH). Ada pula program Ultra Mikro atau UMI yang turut memberikan bantuan permodalan yang mayoritas penerimanya adalah perempuan.

Sri Mulyani berharap, hal ini dapat menjadi kesempatan bagi perempuan untuk berkembang. "Karena kalau kita lihat, suatu perekonomian di mana perempuan diberikan kesempatan yang sama, atau ada gender equality, dia bisa meraih gain atau manfaat hingga US$ 28 triliun atau 26 % lebih tinggi," ujar Sri Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×