kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekspor suku cadang terus meningkat


Senin, 23 April 2018 / 11:40 WIB
Ekspor suku cadang terus meningkat


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekspor suku cadang terus naik. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, volume ekspor komponen kendaraan naik hingga 13 kali lipat, dari 6,2 juta pieces di tahun 2016, menjadi 81 juta pieces tahun 2017.

Salah satu pabrikan yang menikmati peningkatan ekspor produk komponen kendaraan adalah PT Selamat Sempurna Tbk. Tahun 2017, perusahaan berkode saham SMSM di Bursa Efek Indonesia ini membukukan pertumbuhan ekspor 11,7% secara year on year. Tahun 2016 perusahaan ini mencatat penjualan ekspor Rp 2,05 triliun, dan menjadi Rp 2,32 triliun pada tahun lalu.

Corporate Secretary PT Selamat Sempurna Tbk Lidiana Widjojo bilang, penjualan naik seiring kenaikan penjualan kendaraan bermotor secara global. "Selagi konsumen menggunakan kendaraan, mereka butuh filter," katanya kepada KONTAN, Jumat (20/4).

Ada dua produk unggulan SMSM yakni filter dan radiator. Produk filter berkontribusi terbesar ke penjualan yakni sekitar 74%.

Produsen lain, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencatatkan penjualan ekspor komponen sebanyak 101 juta pieces pada 2017. Angka ini naik ketimbang tahun 2016 yang sebanyak 89 juta unit.

Pencapaian ini juga belum termasuk ekspor mesin TR 44.000 unit dan NR 99.000 unit. Pada 2016, ekspor mesin TR   42.000 unit dam mesin NR 97.000 unit. "Ekspor komponen kendaraan berupa aksesori kendaraan, mesin, dan komponen terurai yang dirakit di negara tujuan ekspor," kata Bob Azzam, Administration, Corporate, and External Affaris Director TMMIN kepada KONTAN, Jumat (20/4).

Penjualan utama TMMIN di pasar ekspor berasal dari penjualan kendaraan merek Toyota seperti Fortuner, Rush, Avanza, dan Kijang. "Nah, penjualan komponen selalu beriringan dengan penjualan kendaraan," ujarnya.

Tujuan ekspor

Pasar ekspor paling besar bagi produk komponen otomotif tetap ada di Asia. Lidiana bilang, negara yang mengimpor komponen kendaraan dari Selamat Sempurna antara lain China, Jepang, Singapura, dan Thailand. "Itu yang terbesar dari Asia," ungkapnya.

Bagi SMSM produk radiator dan filter menyumbang sekitar 50% dari total ekspor perusahaan ini. Dari total penjualan secara menyeluruh, porsinya mencapai 30% .

Ke depan, SMSM akan ekspansi ke pasar negara lain. Selamat Sempurna juga akan terus memperbesar market share di negara yang selama ini menjadi tujuan ekspor.

TMMIN masih membidik pasar kawasan Asia khususnya Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin. Untuk mencapai target, Bob berujar, pihaknya harus proaktif menjemput bola pada negara yang mana TMMIN belum melakukan ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×