kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,54   -7,83   -0.79%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Empat hari pasca banjir, PLN tuntaskan pemulihan listrik di Manado


Rabu, 20 Januari 2021 / 11:58 WIB
Empat hari pasca banjir, PLN tuntaskan pemulihan listrik di Manado
ILUSTRASI. PLN pulihkan listrik


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kelistrikan di Manado pasca diterjang banjir dan longsor akibat cuaca ekstrem kembali pulih. Empat hari pasca banjir, pada Selasa (19/1) sore, seluruh gardu yang sebelumnya dipadamkan demi keamanan dan keselamatan warga kini telah kembali menyala.

"Keamanan dan Keselamatan menjadi prioritas utama, petugas kami terus bersiaga untuk memonitor banjir, setelah surut dan dipastikan aman, baru kami nyalakan. Sekarang pelanggan di Manado kembali menikmati listrik PLN,” ungkap General Manager Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo, Leo Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (20/1).

Dia memaparkan, PLN telah melakukan inspeksi jaringan serta pemeriksaan, pembersihan, dan pengeringan gardu distribusi sebelum menyalakan aliran listrik. Selain itu, wilayah yang dipasok oleh gardu distribusi juga sudah dipastikan tidak mengalami banjir. 

Dalam penyalaan kembali aliran listrik ke pelanggan PLN juga telah mendapatkan persetujuan dari kepala lingkungan dan tokoh masyarakat setempat setelah dinyatakan instalasi listrik di rumah warga aman. Hal ini dilakukan guna memastikan keamanan dan keselamatan pelanggan.

Baca Juga: Begini usulan pemerintah untuk mempercepat pengembangan PLT Sampah

Selama pemulihan kelistrikan, PLN menerjunkan 138 personil untuk memulihkan 795 gardu distribusi yang terdampak banjir dan longsor. Leo memastikan saat ini pelayanan untuk pelanggan di Manado sudah kembali normal.

“Selama tiga hari proses perbaikan, PLN melakukan segala upaya untuk memulihkan sistem kelistrikan, seperti penggantian tiang dan trafo serta penarikan jaringan dengan cepat," imbuh Leo.

Dia menambahkan, saat ini PLN masih melakukan pemantauan terhadap dua pelanggan besar di kawasan Megamas Manado untuk proses pembersihan kabel tanah yang tersapu gelombang air laut

PLN pun mengimbau agar warga tetap berhati-hati dan memastikan peralatan listrik di rumah sudah bersih dan kering sebelum digunakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya hubung singkat atau korsleting.

Jika pelanggan membutuhkan layanan PLN dapat dilakukan melalui Aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore dan AppStore, Contact Center PLN 123, ataupun melalui media sosial PLN 123.

Selanjutnya: Jika proyek 35 GW rampung, Indonesia kelebihan pasokan listrik hingga 60%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×