kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fuji Film incar 80% pangsa pasar kertas foto


Selasa, 25 Juli 2017 / 14:37 WIB
 Fuji Film incar 80% pangsa pasar kertas foto


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. PT Fuji Film Indonesia terus menginjak pedal gas untuk meluaskan usaha di sektor fotografi dan bisnis lainnya. Asal tahu saja, usai pengembalian bisnis dari PT Modern Internasional Tbk, saat ini bisnis di Indonesia di urus langsung Fuji Film Holdings Corporation.

Dukungan tersebut beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan yang signifikan. Untuk segmen penjualan kertas foto saja saat ini Fuji Film Indonesia berhasil menyabet 55% market share di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan 3 tahun lalu yang hanya kuasai 25% market share.

"Tahun lalu itu kami jual 2,5 juta meter persegi (m2), target kami tahun ini kami bisa menggenggam market share 80%," ujar Josef T Kuntjoro, GM Photo Imaging Division PT Fuji Film Indonesia, di Jakarta (25/7).

Tren permintaan kertas foto memang tengah lesu, bahkan tiga tahun lalu menjadi titik nadir dengan permintaan hanya 1 juta meter persegi (m2)  per tahun. Namun sejak tahun lalu, dirinya melihat ada sedikit perbaikan dan pertumbuhan demand kendati tidak seperti dulu.

Dengan kelesuan yang terjadi, banyak kompetitor yang mulai meninggalkan bisnis penjualan kertas foto. Berkurangnya kompetitor inilah yang dimanfaatkan perusahaan untuk terus meningkatkan penjualan. Apalagi kebutuhan orang mencetak foto tetap ada walaupun saat ini tren sudah beralih ke digital.

"Bisnis foto tradisional akan sepi dan mati, tetapi kalau berubah bentuk saya yakin akan eksis karena manusia perlu diabadikan. Di mall-mall atau lainya itu bisnis foto tetap eksis, apa ada yang berani menikah tapi fotonya tidak dicetak," lanjutnya.

Asal tahu saja, saat ini Fuji Film Indonesia didukung oleh tiga pabrik Fuji Film Holding Corp di Jepang, Amerika Serikat dan Belanda. Dengan sokongan holding, dirinya yakin tahun ini bisa meningkatkan market share menjadi 80%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×