kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gandeng PLN Disjaya, Telkomsel hadirkan NB-IoT smart meter


Selasa, 30 Oktober 2018 / 22:37 WIB
Gandeng PLN Disjaya, Telkomsel hadirkan NB-IoT smart meter
ILUSTRASI. Pemeriksaan Tegangan Listrik Pada Listrik Meter


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna mengembangkan industri internet of things (IoT), Telkomsel bekerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Disjaya hadirkan teknologi narrow band Internet of Things (NB-IoT) pada sistem smart meter di jaringan listrik atau Advanced Meter Infrastructure (AMI).

Primadi K Putra, Vice President Corporate Account Management Telkomsel, mengatakan Telkomsel secara konsisten meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan sebagai bagian dari upaya mengakselerasi terbentuknya ekosistem IoT di Indonesia.

"Teknologi NB-IoT ini nantinya akan menjadi komersialisasi NB-IoT AMI pertama di Asia Tenggara," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (30/10).

Menurutnya, hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan bagi roadmap pemerintah Indonesia dalam rangka memasuki era industri 4.0 dimana aspek penguasaan teknologi menjadi kunci penentu daya saing.

“Implementasi teknologi NB-IoT ini juga sejalan dengan visi Telkomsel yang konsisten menghadirkan layanan dan solusi digital terkini yang dapat meningkatkan perkembangan ekonomi bangsa," ujarnya.

Asal tahu saja, teknologi NB-IoT AMI ini merupakan bagian dari tahap modernisasi gardu PLN dan alat meter yang digunakan oleh pelanggan segmen korparat atau enterprise, dimana penggunaannya dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas PLN.

Sementara Faisol, Senior Manager Distribusi PLN UID Jakarta Raya, mengatakan penerapan teknologi smart meter dipercaya akan memberikan manfaat bagi pelanggan seperti pembacaan meter yang lebih akurat.

"NB-IoT ini teknologi telekomunikasi terbaru yang dirancang secara khusus agar komunikasi antar mesin semakin masif dengan coverage jaringan telekomunikasi yang semakin luas hingga dua kali dari jangkauan GSM," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×