kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garuda Metalindo (BOLT) tingkatkan porsi penjualan ekspor dalam lima tahun ke depan


Rabu, 29 Agustus 2018 / 15:45 WIB
Garuda Metalindo (BOLT) tingkatkan porsi penjualan ekspor dalam lima tahun ke depan
ILUSTRASI. RUPS PT Garuda Metalindo Tbk


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam jangka waktu lima tahun ke depan, PT Garuda Metalindo Tbk (BOLT) ingin memperkuat penjualan ekspornya. Saat ini, porsi penjualan ekspor memang terbilang kecil, namun emiten komponen otomotif ini tidak akan gentar untuk bersaing di pasar global.

Direktur BOLT, Anthony Wijaya menjelaskan, semester I-2018, penjualan ekspor mencapai 4,74% dari total penjualan. Sedangkan tahun lalu hanya menyumbang 3% dari total penjualan. "Kami proyeksikan minimal dalam lima tahun ke depan, ekspor akan menyumbang 30% dari total penjualan," kata Anthony kepada Kontan.co.id, Rabu (29/8).

Saat ini, perusahaan manufaktur baut dan mur ini banyak mengekspor ke Jerman. Selain itu masih ada negara Eropa lain, Brasil, India, Thailand dan juga negara asia lainya. Selama semester I-2018, penjualan ekspor mengalami kenaikan sebesar 52,33% dibandingkan dengan smeester I-2018.

Negara yang akan dibidik awal tahun depan adalah Amerika Serikat. Sebagai negara yang punya bisnis otomotif yang masif, wajar BOLT mengejar pasar tersebut. Terlebih penjajakan telah dimulai dari tahun lalu.

Anthony mengakui salah satu opsi memasuki negeri Paman Sam tersebut yakni lewat bentuk Joint Venture dengan trading house di AS. "Setidaknya satu kaki kita masuk di sana. Tapi kita masih mencari dan saat ini belum terealisasi," jelasnya.

Adapun tahun ini perseroan, masih optimis target penjualan keseluruhan masih bisa tumbuh 10%. Hal ini didukung dengan pengingkatan pasar otomotif domestik. Baik di roda dua maupun roda empat. Selain itu ada penginkatan kapasitas dan peremajaan terhadap mesin-mesin produksi.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×