kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gelontorkan capex Rp 200 miliar, Aneka Gas Industri (AGII) perkuat bisnis gas medis


Minggu, 19 April 2020 / 17:32 WIB
Gelontorkan capex Rp 200 miliar, Aneka Gas Industri (AGII) perkuat bisnis gas medis
ILUSTRASI. JAKARTA,17/12-RACHMAT HARSONO. Direktur Utama PT. Aneka Gas Industri Rachmat Harsono di Jakarta, Senin (17/12). KONTAN/Fransiskus Simbolon/17/12/2018


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan penyedia gas untuk sektor industri, PT Aneka Gas Industri Tbk masih optimistis terhadap peluang bisnisnya di tahun ini. Emiten berkode saham AGII tersebut belum akan merevisi nilai capital expenditure (capex) atau belanja modal di tahun ini yang berjumlah sekitar Rp 200 miliar.

Meski begitu, Direktur Utama Aneka Gas Industri Rachmat Harsono menyebut, pihaknya melakukan perubahan alokasi penggunaan capex di tahun 2020. Perusahaan ini akan fokus menggunakan belanja modalnya untuk pembelian cylinder gas medis, tangki gas untuk pelanggan rumah sakit, hingga perawatan pabrik.

Baca Juga: Wabah corona melanda, Aneka Gas Industri (AGII) akan maksimalkan bisnis gas medis

Walau belum disebut secara rinci, manajemen AGII tidak akan jor-joran dalam membangun fasilitas filling station pada tahun ini. “Kami bermaksud meningkatkan utilisasi maupun efisiensi dari filling station yang ada,” tutur Rachmat, Sabtu (18/4) lalu.

Saat ini, AGII memiliki 104 filling station yang tersebar di 26 provinsi di Indonesia. Lebih lanjut, wabah Corona memang menjadi keuntungan tersendiri bagi AGII yang notabene menyediakan gas medis untuk rumah sakit. Namun, perusahaan ini tetap akan menjaga efisiensi operasional untuk mengantisipasi apabila terjadi perlambatan dari sektor pelanggan tertentu.

Baca Juga: Tujuh Bidang Industri Menikmati Harga Gas Murah

Rachmat juga menyebut, pendapatan AGII rata-rata tumbuh sekitar 1,5 kali sampai 2 kali dari pertumbuhan ekonomi nasional di tiap kuartalnya. Hanya saja, kondisi sekarang tampak berbeda akibat penyebaran virus Corona sehingga pihak perusahaan mesti mengkaji kembali proyeksi kinerja di tahun ini.

Meski demikian, manajemen AGII mengaku memiliki keuntungan dari sisi diversifikasi pelanggan. Sebab, tidak ada satu sektor pelanggan gas AGII yang berkontribusi lebih dari 30% terhadap total pendapatan perusahaan. “Dengan begitu, kalaupun pertumbuhan ekonomi nasional berpotensi turun, maka ini tidak mempengaruhi seluruh sektor pelanggan kami,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×