kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,27   -11,24   -1.20%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GIIAS Medan 2019 dukung implementasi kendaraan listrik


Rabu, 23 Oktober 2019 / 19:15 WIB
GIIAS Medan 2019 dukung implementasi kendaraan listrik
ILUSTRASI. GIIAS Medan 2019 dukung implementasi kendaraan listrik


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Expo (GIIAS) atau GIIAS The Series 2019 yang dibuka hari ini (23/10) di Medan.
Selain menampilkan upaya dan konsistensi Gaikindo mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia, pameran ini juga turut mendukung implementasi program kendaraan bermotor listrik dan juga perkembangan bidang teknologi otomotif.

Hal ini diungkapkan Ketua Penyelenggara Gaikindo Indonesia International  Auto Show (GIIAS) sekaligus Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah. 

Baca Juga: Lexus Toyota berencana meluncurkan baterai EV pada tahun 2020

Pemerintah sendiri sudah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Sebagai implementasinya, jelas Rizwan, hampir semua prinsipal industri otomotif sudah memiliki mobil listrik berbagai tipe, mulai dari jenis Hybrid (HEV), Plug in Hybrid (PHEV), baterei EV (BEV), ataupun FCEV (Fuel Cell).

“Sejak Perpres tentang kendaraan listrik keluar, para pelaku usaha masih melakukan kajian mendalam mengenai besaran potensi dan minat masyarakat terhadap kendaraan-kendaraan tersebut, termasuk kesiapan pendukung Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di seluruh pelosok tanah air, termasuk juga di Medan, Sumatera Utara,” papar dia dalam keterangan tertulis hari ini.

Sebagai salah satu peserta pameran, Toyota Astra Motor (TAM) secara konsisten fokus mengembangkan teknologi hybrid. Dengan konsep Toyota Hybrid System (THS), Toyota melahirkan berbagai kendaraan bertenaga listrik, seperti Prius Hybrid sebagai pionir mobil hybrid Toyota, Camry Hybrid, dan C-HR Hybrid.  

Baca Juga: Sabar, harga MPV murah Renault Triber baru akan dirilis bulan depan

Menurut Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto pihaknya akan mengembangkan mobil-mobil yang disebut Hybrid EV (Hybrid Electric Vehicle/HEV) atau PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). “Salah satu upaya Toyota untuk memasyarakatkan kendaraan hybrid dapat dilihat dengan kehadiran C-HR Hybrid, yang angka penjualannya positif,” paparnya. 

Hal ini ini turut menjadikan perusahaan tersebut mendukung implementasi Perpres tentang kendaraan kistrik, dan juga berkolaborasi dalam penyediaan listriknya dengan PLN. 




TERBARU

[X]
×