kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GrabExpress kenalkan 5 fitur mudahkan urusan logistik UMKM


Kamis, 25 Juli 2019 / 19:10 WIB
GrabExpress kenalkan 5 fitur mudahkan urusan logistik UMKM


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Lima poin yang harus dimiliki UMKM agar mampu berkompetisi adalah, produk yang menjawab kebutuhan masyarakat, pengelolaan bisnis yang baik dan berkesinambungan, brand image yang baik, pengetahuan akan pemasaran produk secara digital dan terakhir adalah logistik yang cepat, aman serta mudah.

Dalam hal poin logistik, Grab melalui GrabExpress memberikan kemudahan para UMKM di Indonesia melalui lima fiturnya. Kelima fitur tersebut diantaranya,

Baca Juga: Berkolaborasi dengan Bekraf, Grab latih 400 wirausahawan mikro

Pertama, pengiriman antar kota di Pulau Jawa dengan Ninja Xpress, dimana pengirim juga dapat memilih waktu penjemputan dan akan dapat memonitor proses pengiriman barang barang akan langsung diambil oleh kurir di lokasi pengirim fitur ini baru tersedia bagi pengguna di Jabodetabek.

"Baru Pulau Jawa dan ke depan untuk luar pulau kita masih jajaki dan kembangkan melalui pengalaman di Pulau Jawa ini dulu," tutur Ridzki Kramadibrata President of Grab Indonesia saat acara pelatihan bagi wirausahawan dan pengenalan fitur GrabExpress di Sopo Del Tower, Jakarta, Kamis (25/7).

Fitur kedua adalah langganan paket hemat, di fitur ini para pengguna GrabExpress dapat memanfaatkan langganan paket hemat untuk menikmati harga pengiriman yang lebih hemat. Saat ini fitur hemat baru tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.

Baca Juga: Raih pendanaan US$ 13 juta, marketplace online Ralali.com siap berekspansi

Ketiga adalah fitur pengiriman instant dan same Day. Pada fitur ini dapat menjamin bahwa paket pengguna akan tiba dalam waktu kurang dari 3 jam setelah waktu pengambilan. Armada GrabCar dapat membantu pengiriman barang dengan berat maksimal 150 kg dan Grab Bike seberat 15 kg.

Sedangkan untuk wilayah Jakarta sendiri tersedia fitur Same Day di mana pengguna bisa mengirim barang dengan lebih hemat dan sampai di hari yang sama.

Keempat, pengguna dapat memantau proses pengiriman melalui pelacakan lokasi kurir di fitur Bukti Pengiriman & Pelacakan Langsung. Nantinya pengguna akan mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil kurir pada saat pengambilan dan penerimaan barang.

Baca Juga: Bank Mandiri kucurkan kredit UMKM Rp 87,05 triliun per Juni 2019

Tak hanya itu Grab juga menyediakan asuransi untuk barang yang dikirimkan.

Fitur kelima adalah Kirim ke Banyak Tujuan & Banyak Pemesanan Sekaligus. Di fitur ini pengirim dapat melakukan pengiriman pada aplikasi GrabExpress hingga kelima alamat dalam satu pesanan, namun untuk fitur Ini masih tersedia di kota Jakarta, Bandung, Makasar, Medan, dan Surabaya.

"Jadi kalau dulu kalau mau kirim ke lima lokasi, akan perlu booking terus tunggu itu selesai trus booking lagi. Nah sekarang kita bisa lakuin 10 booking dalam waktu bersamaan. Bisa juga sekarang dalam satu kali booking menuju lima lokasi dan semua barang dibawa satu driver yang sama," jelas Tyas Widyastuti Head of GrabExpress, Grab Indonesia.

Sementara itu untuk fitur Pesan Banyak Sekaligus, pengguna dapat memesan hingga 10 Mitra pengemudi dalam waktu yang bersamaan. Uniknya melakui kedua fitur ini pengguna GrabExpress dapat melakukan pengiriman hingga ke 50 alamat berbeda.

Baca Juga: Gandeng Modalku, Tokopedia berharap 70% pelapak barunya dapat kenaikan penjualannya

"Fitur ini memudahkan pengguna, nah kalau driver akan mendapat kompensasi, misal ada multistop dia akan berinteraksi dengan penerima yang berbeda akan ada tambahan tarif disitu," jelas Tyas.

Dijelaskan Tyas bahwa 30% pengguna GrabExpress adalah wirausahawan mikro yang berjual melalui online, baik melalui Whatsapp, FB, instagram dan ecommerce platform merger dengan GrabExpress.

Wirausahawan yang sudah merasakan manfaat adanya GrabExpress dalam mendukung proses logistik bisnis mereka adalah Yassa Singgih Owner Men's Republic dan Jessica Yamada Co-Founder Dapurfit.

Baca Juga: Bank BUMN semakin rajin menyalurkan KUR

Yassa sendiri menyebut bahwa sekarang usahanya secara pengiriman dengan cepat bahkan dapat dihari yang sama untuk wilayah Jakarta dengan GrabExpress. "Misal orang butuh sepatu saya dulu harus tunggu paling cepet satu hari sekarang bisa dapat datang dihari yang sama, sehingga itu tingkatkan kepercayaan customer buat produk saya," terang Yassa.

Begitu pula Dapurfit yang dahulu selalu merasa kewalahan saat mendapat pesanan yang membludak di hari yang sama. Kini Dapurfit dijelaskan Jessica tak takut menerima pesanan tanpa harus close order. GrabExpress juga banyak membantu Dapurfit mengirim pesanan diluar jangkauan wilayah kurir Dapurfit.

Baca Juga: Meraup untung dari memfasilitasi UMKM jualan di internet

"Dulu kita ada kurir sendiri cuma kalau ada pesenan kebanyakan kita close order, kalau ada yang ngga kejangkau kita pakai GrabExpress. Sekarang kita ngga perlu close order, dan apalagi kita ini makanan jadi pengiriman yang aman, cepat, mudah itu penting," sambung Jessica.

Jessica dan Yassa juga senada bahwa dengan menggunakan GrabExpress cukup membuat peningkatan penjualan. Hal tersebut lantaran bangak testimoni dari pelanggan yang puas dengan pelayanan dari Men's Republic dan Dapurfit. Namun sayang jumlah pasti peningkatan keduanya belum dapat menyampaikan.

Baca Juga: Persaingan bisnis pom bensin kini semakin seru dan ketat

"Sejak ada GrabExpress ada peningkatan tapi saya ngga ngitung dari titik berapa ke berapa tapi yang jelas sekarang banyak driver Grab yang datang ke gudang saya daripada sebelumnya," kata Yassa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×