kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,31   1,67   0.18%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga batubara belum stabil, efek corona masih timbulkan ketidakpastian


Kamis, 05 Maret 2020 / 20:39 WIB
Harga batubara belum stabil, efek corona masih timbulkan ketidakpastian
ILUSTRASI. Sejumlah alat berat memuat batu bara ke dalam truk di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, Kamis (13/6/2019).Harga Batubara Acuan (HBA) Maret 2020 tercatat sebesar US$ 67,08 per ton atau naik tipis 0,28% dibandingkan HBA Februari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/wsj


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga Batubara Acuan (HBA) Maret 2020 naik tipis dibanding bulan sebelumnya. HBA Maret tercatat sebesar US$ 67,08 per ton atau naik tipis 0,28% dibandingkan HBA Februari yang berada di angka US$ 66,89 per ton.

Secara bulanan, HBA berturut-turut mencatatkan kenaikan. Pada Februari, HBA juga naik 1,45% dibanding bulan sebelumnya, menjadi sebesar US$ 66,89 per ton.

Baca Juga: Pemerintah berupaya tekan harga gas untuk kelistrikan hingga US$ 6 per mmbtu

Kendati begitu, Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia menilai bahwa kondisi tersebut tidak mencerminkan penguatan harga batubara di pasar global. Menurutnya, indikator pada tren HBA kuartal awal ini masih diliputi ketidakpastian, yang diproyeksikan masih akan bertahan untuk bulan-bulan berikutnya.

"Masih terlalu dini untuk menyebut adanya tanda positif penguatan harga. Ke depannya bisa saja ada faktor-faktor eksternal lainnya yang dapat mempengaruhi pergerakan harga," kata Hendra kepada Kontan.co.id, Kamis (5/3).

Di tengah kondisi saat ini, Hendra menyatakan bahwa HBA sulit untuk dijadikan indikator referensi pergerakan harga di pasar. "Mengingat HBA pada dasarnya adalah rata-rata empat indeks dari bulan sebelumnya. Misalnya HBA Maret menggunakan rata-rata empat indeks di Februari," terangnya.

Hendra bilang, pada bulan Februari lalu permintaan batubara dari China cukup tinggi antara lain karena libur Imlek dan belum stabilnya pasokan batubara domestik. Hal itu terjadi lantaran industri tambang yang belum beroperasi penuh. "Sementara demand dari negara-negara lain belum kelihatan ada peningkatan sejauh ini," sambung Hendra.

Baca Juga: Laba bersih Golden Energy Mines (GEMS) merosot 34,83% di 2019

Lebih lanjut, Hendra menyebut bahwa efek dari wabah corona belum dapat tergambar secara pasti. Ia mengatakan industri di China belum beroperasi secara optimal, dan perusahaan batubara di sana juga belum sepenuhnya beroperasi. "Kita lihat di bulan Maret seperti apa. Tapi efek virus corona belum sepenuhnya bisa di asses," ungkapnya.

Hendra memprediksi, pengaruh corona untuk batubara bisa tergambar dalam beberapa pekan ke depan setelah pengurangan energi dari China sudah terpetakan dengan perimbangan pasokan energi . Peluang bagi Indonesia, kata Hendra, bisa terjadi saat pasokan batubara domestik China terkendala, sehingga meningkatkan kebutuhan impor batubara.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×