kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga mobil bekas melorot hingga ratusan juta akibat pandemi corona


Jumat, 24 April 2020 / 08:25 WIB
Harga mobil bekas melorot hingga ratusan juta akibat pandemi corona
ILUSTRASI. Penjualan mobil bekas. KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Corona yang terjadi di Indonesia, berdampak di berbagai sektor perekonomian, termasuk pada bisnis jual beli mobil bekas ( mobkas). Kondisi seperti sekarang ini harga mobil bekas mengalami penurunan yang sangat signifikan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. 

Tidak hanya penurunan angka penjualannya saja, tetapi harga mobil yang ditawarkan pun terpaksa harus diturunkan untuk mengikuti kondisi saat ini. 

Penurunan harga yang terjadi pun bervariasi tergantung pada model dan klasifikasi mobil itu sendiri. Mulai puluhan juta rupiah hingga mencapai Rp 20 jutaan. Pemilik showroom Malique Selatan Djakarta di Blok M Mall, Jakarta Selatan, Bimo Maliki, mengatakan, saat ini harga mobil bekas telah mengalami penurunan.

Baca Juga: Mobil bekas taksi seharga Rp 100 jutaan, bisa dapat Mobilio sampai Camry

“Untuk mobil bekas mewah dan langka di kisaran Rp 1 miliar, bisa turun ke angka Rp 700 jutaan,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini. 

Sedangkan, lanjut Bimo, mobil-mobil bekas di kisaran Rp 100 jutaan sampai Rp 200 jutaan juga tidak luput dari penurunan harga. “Penurunan yang terjadi sekitar Rp 10 jutaan hingga Rp 20 jutaan,” katanya. 

Menurutnya, dalam kondisi seperti sekarang ini banyak orang yang memilih menahan uangnya. Perbandingan yang jual dan yang beli sekitar 70 persen berbanding 30 persen. “Stok banyak bikin harga turun, jadi kalau punya uang mending beli sekarang,” ujar Bimo.

Baca Juga: Penawaran menarik, Bea Cukai lelang online mobil Land Rover Defender

Hal senada juga disampaikan oleh , Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, herjanto Kosasih. Herjanto mengatakan, awalnya situasi social distancing sempat memberikan dampak positif terhadap penjualan mobkas. Tetapi, kondisi tersebut ternyata tidak bertahan lama karena perlahan penjualan mobkas juga semakin menurun. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×