kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hino Motors Sales Indonesia belum revisi target penjualan meski penjualan lesu


Kamis, 16 Mei 2019 / 17:40 WIB
Hino Motors Sales Indonesia belum revisi target penjualan meski penjualan lesu


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) distributor truk dan bus Hino asal Jepang belum akan merevisi target tahun ini, kendati sejak awal tahun kinerja lesu. Tahun ini Hino memasang target penjualan tumbuh 12% menjadi 45.000 unit.

Dari proyeksi tersebut, porsi produk light duty truck menyumbang penjualan 20.000 unit dan medium duty truck 25.000 unit.

Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santiko Wardoyo mengatakan, sampai pertengahan Mei penjualan masih lesu. Diprediksi lemahnya daya beli karena kondisi politik seperti Pemilu yang membuat pengusaha menunda pembelian kendaraan komersilnya.

"Setelah tanggal 22 Mei 2019 semua bisa lebih jelas. Sementara ini masih wait and see dulu," kata Santiko kepada Kontan.co.id, Kamis (16/5).

Data penjualan retail bulan Maret 2019 dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan bahwa truk dan bus Hino berhasil menempati nomor 1 di Indonesia dengan jumlah 3.038 unit.

Meski demikian penjualan retail Hino pada periode Januari-Maret 2019 mencatat penurunan sebesar 8.432 unit. Atau turun 6.6% dibanding periode sama tahun lalu sebesar 9.024 unit.

Adapun penjualan Hino pada Maret di topang oleh penjualan Medium duty truck yang berhasil dilego sebanyak 1.964 unit atau meraih 63% pangsa pasar dengan tipe Hino New Generation Ranger FM 260 JD menjadi tipe terlaris.

Untuk terus mendukung perfoma penjualan yang baik ini, HMSI mendukungnya dengan peningkatan diler – diler. Termasuk akhir April lalu HMSI bekerja sama dengan PT Auto Mobil Prima (AMP) meresmikan dealer dengan fasilitas terbaru di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Sebelumnya diler ini hanya memiliki fasilitas penjualan, kini diler Hino Pangkalan Bun sudah terdapat fasilitas yang lengkap untuk perawatan dan juga suku cadang atau Diler 3S (sales, service, spare part).

Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki mengatakan bahwa Pangkalan Bun memiliki potensi pasar yang cukup potensial, baik untuk penjualan maupun servis purnajual.

"Dengan fasilitas terbaru ini akan menjadi pilar perusahaan untuk menjalankan program yang berpusat pada produk, jaringan purnajual, dan suku cadang dalam satu lokasi saja," kata Hiroo dalam keterangan pers pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×