kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inaca menilai diskon avtur untuk Natal dan tahun baru tak pengharuhi kinerja maskapai


Selasa, 10 Desember 2019 / 19:56 WIB
Inaca menilai diskon avtur untuk Natal dan tahun baru tak pengharuhi kinerja maskapai
ILUSTRASI. Petugas Depot Pengisian Pesawat Udara PT Pertamina (Persero) mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Avtur ke salah satu pesawat komersil di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh, Selasa (28/5/2019). PT Pertamina (Persero) memperkira


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia National Air Carrier Association (INACA) menilai diskon avtur yang diberikan Pertamina pada periode natal dan tahun baru (nataru) tidak akan terlalu berdampak.

"Karena hanya mengurangi biaya operasi dan menambah laba bagi maskapai yang telah mencatatkan laba," ujar Bayu Sutanto, Sekretaris Jenderal INACA menjawab kontan.co.id di Jakarta, Selasa (10/12).

Baca Juga: Dalam sebulan Erick Thohir bidik 7 BUMN, ini daftarnya

Sayang, ia tak memproyeksikan berapa besar potensi berkurangnya biaya operasi tersebut. Walau begitu, ia memproyeksikan dari adanya diskon tersebut ada potensi penurunan harga tiket. "Mungkin akan sedikit mempengaruhi harga juga," lanjutnya.

Sebelumnya, diskon harga avtur sebesar 20% disampaikan oleh VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman yang mana akan berlaku mulai 9 Desember. Adapun pemberlakuan tersebut berlaku di bandara-bandara wilayah timur Indonesia yang merupakan bandara transit untuk penerbangan terusan.

Baca Juga: Duduk bersama Jokowi di Istana Merdeka, Ahok bahas cara memperbaiki neraca dagang

Selain itu, pria yang menjabat sebagai Managing Director PT TransNusa Aviation Mandiri ini juga menyambut baik rencana pemerintah menghadirkan pemasok bahan bakar avtur yang dikelola swasta. "Bagus, artinya semakin banyak pilihan," lanjutnya.

Ia turut menjelaskan hal penting yang perlu diperhatikan dari pemasok avtur baru dari sisi kelaikan lantaran berkaitan dengan keselamatan yang mana juga memiliki standar internasionalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×