kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indometal London Ltd jadi anak usaha bersama holding tambang BUMN


Kamis, 28 Juni 2018 / 09:09 WIB
Indometal London Ltd jadi anak usaha bersama holding tambang BUMN


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Induk usaha industri pertambangan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), beserta anggota PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Timah Tbk (TINS), menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada Selasa (26/6) di London, Inggris.

MoU ini menjadikan Indometal London Ltd sebagai anak perusahaan bersama yang akan menyelenggarakan kegiatan usaha di bidang pemasaran dan perdagangan mineral dan batubara serta produk turunannya yang diproduksi oleh masing-masing perusahaan.

Indometal adalah perusahaan yang didirikan dan dimiliki sepenuhnya oleh PT Timah yang di awal pendiriannya berfungsi sebagai agen penjualan timah Indonesia untuk kawasan Eropa dan Amerika Serikat. Didirikan tahun 1988 di Inggris, Indometal bertujuan menunjang strategi PT Timah untuk lebih dekat dengan pasar timah serta pelaku bisnis pertimahan global.

Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, tujuan kesepakatan ini adalah untuk menciptakan sinergi usaha dengan prinsip yang saling menguntungkan, antara para pihak dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki masing- masing. Serta meningkatkan daya tawar semua perusahaan yang tergabung dalam Inalum di perdagangan global komoditas mineral, batubara dan produk turunannya.

“Kerja sama antara anggota Induk Usaha ini menciptakan nilai tambah dalam bentuk sinergi untuk bersama-sama melakukan pemasaran dan perdagangan komoditas mineral dengan memanfaatkan jaringan PT Timah yang sudah ada di luar negeri,” ungkap Budi dalam siaran pers, Kamis (28/6).

Ia bilang, kekuatan yang dimiliki Indonesia dalam cadangan global komoditas mineral sangat besar. Maka dari itu, perusahaan pertambangan minerba akan melengkapi kekuatan ini dengan kemampuan perdagangan kelas dunia untuk memaksimalkan margin harga. "Kekuatan inilah yang kami coba gunakan agar manfaat yang diperoleh dari pengelolaan sumberdaya mineral akan semakin besar, dan juga agar kita dapat berperan lebih aktif lagi dalam mempengaruhi dinamika perdagangan global di sektor tambang, mineral dan produk turunannya,” klaimnya.

Direktur Utama PT Timah Mochtar Riza Pahlevi Tabrani mengatakan, dengan sinergi ini, BUMN tambang akan secara bersama-sama menyusun strategi pemasaran, perencanaan pemasaran, perencanaan produksi, diversifikasi produk, dan marketing intelligence dalam satu kesatuan kerja yang akan dimanfaatkan pula oleh anak perusahaan dan afiliasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×