kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia bakal tambah destinasi surga belanja


Rabu, 27 September 2017 / 21:40 WIB
Indonesia bakal tambah destinasi surga belanja


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - Indonesia memang kaya akan semua hal. Mulai dari keanekaragaman hayati, ribuan pulau dengan wisata yang indah, serta berbagai kuliner khas yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Untuk itu, dengan potensi yang ada, Kementerian Pariwisata dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia menginisiasi meningkatkan destinasi belanja di Indonesia.

Demi mendongkrak kunjungan wisatawan ke tanah air, Kementerian Pariwisata dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia menggelarkan festival kuliner dan berbelanja di berbagai daerah Indonesia. Data dari Kementerian Pariwisata bahwa sebanyak 30%, masyarakat rela menggelontorkan uang untuk berbelanja.

"Nah dari data ekonomi kreatif yang paling banyak berkontribusi ke pertumbuhan ekonomi dari bidang kuliner, fesyen dan kriya," ucap Arief Yahya, Rabu (27/9).

Karena wisata kuliner paling banyak dan diminati dalam destinasi belanja pelancong, Arief Yahya bilang semua pihak harus bekerjasama untuk bisa memasarkan dan meningkatkan kuliner Indonesia. Taruh saja, kuliner khas Palembang adalah pempek, sedangkan di Medan seperti ikan teri atau bolu meranti.

"Harus ditetapkan kuliner khas Indonesia itu sendiri. Saya taruh kuliner Indonesia yaitu Rendang, Nasi Goreng, Soto, dan Gado-gado," sebutnya.

Sementara itu tiga destinasi belanja kuliner yang favorit dikunjungi pelancong yaitu Bali, Bandung, serta Joglosemar. Padahal, Indonesia kaya akan ragam kulinernya.

Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mencatat ada sekitar 314 mall yang jadi destinasi belanja kuliner di Indonesia.

"Kedepannya akan ditambah jika bekerjasama dengan Pemerintah daerah setempat. Rencananya sih Pasar Baru akan kami jadikan destinasi belanja selanjutnya," ungkapnya kepada awak media.

Stefanus Ridwan berharap dengan diselenggarakannya Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival 2017 mulai 27 September hingga 27 Oktober 2017, maka bisa meningkatkan pamor destinasi belanja Indonesia.

Dengan begitu, cara pandang masyarakat Indonesia berubah untuk mau berbelanja di negeri sendiri daripada ke luar negeri. Bahkan Stefanus menargetkan bisa meraup pendapatan yang lebih dari festinal kuliner dan belanja tersebut.

"Harapannya tahun ini naik 20%," imbuh Stefanus Ridwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×