kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia tingkatkan ekspor sarang walet langsung ke China


Jumat, 02 Maret 2018 / 16:09 WIB
Indonesia tingkatkan ekspor sarang walet langsung ke China


Reporter: Abdul Basith | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia akan meningkatkan ekspor sarang walet langsung ke China.

Saat ini Indonesia telah menguasai mayoritas pasar China. Namun, di luar penjualan legal, masih banyak penjualan ilegal sarang walet Indonesia yang melalui negara lain.

"Saat ini Indonesia menguasai 70% pasar sarang walet legal di China," ujar Banun Harpini, Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian  dalam Musyawarah Nasional Perkumpulan Pengusaha Sarang Burung Indonesia (PPSBI), Jumat (2/3).

Ekspor sarang walet Indonesia secara langsung baru terbuka pada tahun 2015. Sejak saat itu, ekspor langsung sarang walet Indonesia ke China terus meningkat.

Pada tahun 2015, ekspor sarang walet Indonesia ke China sebanyak 14 ton. Jumlah ekspor sarang walet ke China terus naik menjadi 22 ton pada tahun 2016 dan 52 ton pada tahun 2017.

Meski begitu, ekspor sarang walet Indonesia ke China masih lebih kecil dibandingkan ke negara lainnya. 

Menurut Banun, ekspor sarang walet ke Hongkong tahun 2017mencapai sekitar 300 ton.

Ekspor langsung ke China dapat meningkatkan pendapatan Indonesia. Selain itu, nilai tambahnya lun akan dirasakan di Indonesia.

Banun bilang, beberapa hal masih dikeluhkan oleh China terkait sarang walet Indonesia. "Ekspor ke China masih terganjal kendala tidak adanya sertifikat ketelusuran dan kualitas yang kurang bagus," terang Banun.

Oleh karena itu terdapat tiga persayaratan yang harus dipenuhi oleh pedagang sarang walet Indonesia. Yakni, pemenuhan sertifikat ketelusuran, pemenuhan standar kebersihan dengan kandungan nitrit dibawah 30 part per million (ppm), serta telah diproses melalui pemanasan 70° celcius selama 3,5 detik.

Guna memenuhi persyaratan terebut diperlukan komitmen bagi pedagang sarang walet. Selain itu, Banun bilang Badan Karantina akan mempermudah pendaftaran rumah walet sehingga dapat membantu dalam sertifikat ketelusuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×