kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini dia dua perempuan terkaya di Indonesia dengan kekayaan Rp 8 triliun versi Forbes


Jumat, 11 Desember 2020 / 11:20 WIB
Ini dia dua perempuan terkaya di Indonesia dengan kekayaan Rp 8 triliun versi Forbes
ILUSTRASI. Perempuan terkaya di Indonesia


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya Indonesia pada 2020. Budi dan Michael Hartono masih menjadi orang terkaya di Indonesia. 

Total kekayaan keduanya sebesar USD 38,8 miliar. Dari daftar tersebut, terdapat dua perempuan yang masuk dalam orang terkaya di Indonesia yakni Kartini Muljadi dan Arini Subianto. 

Kartini Muljadi berada di peringkat 42 daftar orang terkaya di Indonesia. Adapun, Arini Subianto berada di urutan ke-43 terkaya di Indonesia. Peringkat keduanya naik dibandingkan tahun lalu yakni masing-masing di peringkat 48 dan 49 sebagai orang terkaya di Indonesia. 

Mereka mendapatkan pundi-pundi kekayaannya dari sejumlah bisnis yang bergerak di berbagai sektor. Bidang bisnis yang dijalankan keduanya, di antaranya kosmetik, obat-obatan, consumer goods maupun batubara. 

Baca Juga: 400 Politisi dunia surati CEO Amazon Jeff Bezos, ini tuntutan mereka

1. Kartini Muljadi 


Kartini Muljadi

Kekayaan yang dimiliki oleh Kartini Muljadi mencapai US$ 620 juta atau sekitar Rp 8,68 triliun (kurs Rp 14.000).

Total kekayaan Kartini tersebut menurun dibandingkan dengan tahun lalu senilai US$ 630 juta dollar AS atau sekitar Rp 8,82 triliun.  Dia menyandang status sebagai orang terkaya ke-42 pada usia 90 tahun. 

Dikutip dari Forbes, Kartini Muljadi dan anaknya memiliki Tempo Group dengan perusahaan terbesarnya adalah PT Tempo Scan Pasific yang bergerak di bidang consumer goods dan obat-obatan. 

Dalam laman resmi Tempo Scan Group, beberapa produk obat-obatan yang diproduksi adalah Bodrex, Vidoran, Hemaviton, Oskadon, Bodrexin, Neo Rheumacyl, Oskadryl, Contrexyn maupun Zevit Grow. 

Baca Juga: Inilah daftar 15 orang terkaya Indonesia 2020, konglomerat Djarum di posisi teratas

Di lini consumer goods, produk Tempo Scan Group di antaranya Marina, My Baby, S.O.S, Total Care, Claudia maupun Pure Baby.

Selanjutnya, untuk lini kosmetik, Tempo Scan Group memiliki produk Ultima II dan Marina. Perusahaan ini juga mendistribusikan beberapa merek kosmetik berlisensi internasional ternama di Indonesia.

Merek kosmetik itu di antaranya Revlon, Estee Lauder, Clinique, MAC, Bobbi Brown, La Mer, dan Jo Malone London. Kartini merupakan pengacara dan mantan hakim. 

Dia memiliki firma hukum komersial dan korporasi Kartini Muljadi & Rekan (KMR). Putranya, Handojo Selamet Muljadi yang merupakan lulusan New York University saat ini turut menjalankan bisnis PT Tempo Scan.  Muljadi juga meluncurkan buku tentang batik pada hari ulang tahunnya ke-87 pada tahun 2017.

Baca Juga: Daftar orang terkaya Indonesia tahun 2020, keluarga Hartono masih nomor 1




TERBARU

[X]
×