kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini penyebab pasokan AC Sharp Electronics masih terganggu di awal 2021


Senin, 22 Februari 2021 / 18:37 WIB
Ini penyebab pasokan AC Sharp Electronics masih terganggu di awal 2021
ILUSTRASI. PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) meluncurkan tiga seri AC terbaru


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sharp Electronics Indonesia mengakui masih ada kendala untuk melakukan impor air conditioner (AC) akibat terjadinya kelangkaan kontainer dan juga pengetatan impor AC melaui kuota.

Senior General Manager National Sales Sharp Electronics Indonesia, Andri Adi Utomo mengatakan, akibat hal tersebut harga kontainer saat ini masih belum turun. 

"Saat ini kelangkaan masih ada dan kemungkinan sampai Maret tahun ini. Untuk harga tidak mengikat, tetapi kami tidak ada pilihan jika mau mendapat kontainer," jelas dia kepada Kontan.co.id, Senin (22/2).

Untuk itu, perusahaan mengatasinya dengan memajukan pemesanan kontainer. Menurutnya, hal tersebut guna menghindari kosongnya suplai. "Kami bikin booking plan order sampai bulan Juli sehingga bisa booking kontainer di awal," lanjutnya.

Dari sisi permintaan, ia mengakui awal tahun ini terjadi penurunan permintaan AC karena musim hujan. Andri bilang penurunan permintaan di awal tahun akibat cuaca mencapai 10%. Namun, pihaknya mengestimasikan hal ini terjadi sampai dengan akhir Maret 2021.

Baca Juga: Sharp Electronics optimistis bisa raih market share smartphone 5% di tahun ini

Setelahnya, pihaknya memproyeksikan permintaan akan kembali bertumbuh. Menurutnya, sentimen yang akan mendongkrak permintaan berasal dari distribusi vaksin yang telah dilakukan dan juga pembelian yang tertunda setelah musim hujan berakhir.

Sepanjang tahun ini, Sharp Electronics Indonesia memproyeksikan kebutuhan AC secara nasional mencapai 2,4 juta unit. Dari sana, pihaknya mencoba membidik pertumbuhan penjualan.

"Tahun 2021 kami berharap perusahaan akan tumbuh 115% dibandingkan tahun lalu," pungkas dia.

Selanjutnya: Sharp targetkan penjualan air purifier plasmacluster 15.000 unit per bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×