kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,95   -19,57   -2.09%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Island Concepts ingin ekspansi bisnis di Jimbaran


Senin, 18 Juli 2016 / 12:04 WIB
Island Concepts ingin ekspansi bisnis di Jimbaran


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Kebijakan pemerintah memberi pengampunan pajak atau tax amnesty membawa angin segar ke bisnis pariwisata PT Island Concepts Indonesia Tbk. Momentum pengampunan pajak yang ditawarkan pemerintah tersebut diharapkan bisa menggairahkan bisnis vila dan kondotel mereka di Jimbaran, Bali.

Untuk itu, emiten berkode saham ICON di Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut berencana menggelar rights issue senilai Rp 120 miliar untuk mengembangkan proyek propertinya.

"Kami berharap tahun depan rights issue untuk pengembangan proyek tahap dua di Jimbaran," ujar Dodi Prawira Amtar, Direktur Utama PT Island Concepts Indonesia Tbk, akhir pekan lalu.

Saat ini, Island Concepts Indonesia memiliki 113 unit vila dan 126 unit kondotel di Jimbaran. Rencananya, mereka akan menambah jumlah vila tersebut. Untuk itu, Island Concepts akan memanfaatkan lahan seluas 3,5 hektare (ha) untuk perluasan proyek properti itu.

Manajemen ICON menghitung kebutuhan dana senilai Rp 40 miliar. Untuk proyek tahap dua sedikit berbeda dari proyek pertama. Perusahaan ini cenderung fokus pengembangan vila ketimbang kondotel. Sebab, saat ini penjualan kondotel lebih lambat ketimbang melego vila.

Asal tahu saja, Island Concepts baru menjual 25% dari 126 kondotel di Jimbaran. Sedangkan untuk vila, terjual 60% dari total pasokan 116 unit. Maka itu, untuk proyek tahap kedua, Dodi bilang akan fokus menggarap vila.

Selain vila, Island Concepts juga membangun arena bermain (themepark) seluas 3,5 ha dengan investasi sekitar Rp 80 miliar. "Sejauh ini kami sudah membuat kesepakatan non verbal dengan pemilik tanah. Semuanya milik sister company," imbuh Dodi.

Meski lahan sudah tersedia, tetapi kedua proyek tersebut baru dikembangkan tahun depan. Saat ini, Island Concepts menunggu dana hasil rights issue.

Saat ini Island Concepts memilih fokus mengembangkan bisnisnya yang sudah ada, ketimbang membuat proyek baru. Oleh karena itu, Island Concepts memilih melanjutkan penjualan serta pengembangan vila di Jimbaran.

Island Concepts menargetkan bisa melaksanakan serah terima vila dan kondotel dengan para pembelinya mulai semester II-2016. "Kami akan mempercepat pelaksanaan serah terima, sehingga kontribusi penjualan dari properti bisa mencapai Rp 80 miliar tahun ini," jelas Dodi.

Sementara di bisnis katering, perseroan ini tengah mengejar kontrak baru dari pesanan katering perusahaan minyak dan gas. Jika menang tender, akhir tahun ini kontribusi bisnis katering Islands Concepts bisa mencapai Rp 120 miliar. Selama ini, aktivitas bisnis katering ICON banyak dilakukan di Papua.

Sampai dengan kuartal I-2016 yang lalu, Island Concepts telah mengantongi pendapatan senilai Rp 39,125 miliar, atau turun 29,3% ketimbang pendapatan pada periode yang sama tahun lalu. Sumber pendapatan terbesar berasal dari katering Rp 25,92 miliar, menyusul bisnis properti Rp 12,2 miliar dan penyewaan vila sebesar Rp 1 miliar.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×