kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Japfa Comfeed (JPFA) mulai ekspor ke Timor Leste


Jumat, 13 September 2019 / 14:29 WIB
Japfa Comfeed (JPFA) mulai ekspor ke Timor Leste
ILUSTRASI. JAPFA Lepaskan Ekspor Pakan Ternak Perdana Ke Republik Demokratik Timor Leste


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA, anggota indeks Kompas100) melakukan ekspor pakan ternak perdananya ke Republik Demokratik Timor Leste pada Jumat (13/9). Dalam seremoni pelepasan ekspor Perdana, JAPFA melepaskan 40 ton pakan ternak dari total proyeksi sebesar 1.000 ton sampai akhir tahun. Pakan ternak dilepaskan dari pabrik pakan ternak JAPFA Sidoarjo.

Rachmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs JPFA menyampaikan, pelepasan ekspor pakan ternak perdana ini merupakan bentuk perluasan pasar ke pasar internasional, sesuai dengan komitmen JPFA mendukung pemerintah dalam upaya mendongkrak pendapatan devisa negara melalui akselerasi volume komoditi ekspor.

Baca Juga: 11 perusahaan Indonesia masuk Top 200 Listed Company

Timor Leste merupakan negara tetangga yang sangat dekat dengan Indonesia secara historis dan geografis. Perbatasan darat antara Timor Leste dan Indonesia, menjadi salah satu faktor yang memperlancar terjadinya hubungan perdagangan antara kedua negara. Dalam upaya terus membangun kerjasama kedua negara, Indonesia diminta untuk mendukung sektor peternakan Timor Leste dengan sejumlah permintaan pasar, dimana lokasi tujuan pertama ekspor JAPFA kali ini yaitu ke Happy Farm, Timor Leste.

“Pelepasan ekspor perdana ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi JAPFA sebagai bentuk pecapaian yang baik dalam pengakuan standar kualitas dan mutu pakan ternak JAPFA, dimana untuk dapat menjadi pengekspor pakan ternak harus melewati serangkaian uji teknis dan klinis bersertifikasi internasional,” jelas Rachmat dalam keterangan pers, Jumat (13/9).

Rangkaian acara pelepasan ini juga dilengkapi dengan penyerahan health certificate (HC) dari Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian. Penerbitan tentunya melalui proses yang telah terstandarisasi, dimulai dari tahapan penilaian sarana produksi, pengambilan sampel hingga pengujian sampel tersebut.

Baca Juga: Masuk indeks FTSE, saham JPFA (Japfa Comfeed) diborong investor asing

Menilik ke belakang, kesempatan kerjasama di bidang peternakan dan kesehatan hewan antara Indonesia dengan Timor Leste memang telah terjalin sejak ditandatanganinya technical agreement yang ditandatangani Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan kedua negara pada 19 April 2018 lalu.

Menindaklanjuti hal tersebut, maka secara Perdana JAPFA akan lepaskan ekpor pakan ternak ayam, yang dalam waktu dekat juga akan disusul dengan mengekspor anak ayam umur sehari (DOC/Day Old Chicken) broiler dan layer, karkas ayam broiler, dan produk olahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×