kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kadin dan pengusaha daerah siap dorong pemulihan ekonomi


Selasa, 27 April 2021 / 09:37 WIB
Kadin dan pengusaha daerah siap dorong pemulihan ekonomi
ILUSTRASI. Logo Kadin Indonesia.


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - ​JAKARTA. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid menilai pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 butuh sinergitas segala sektor bukan hanya pelaku usaha.

Menurut Arsjad, pemulihan ekonomi tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, seluruh sektor harus bersinergi bersama-sama baik pelaku, pemerintah, serta sektor lain. Karena itu, Kadin perlu mengambil peran untuk menjalin kemitraan yang baik antara pelaku usaha dengan pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga kabupaten atau kota.

Menurut Arsjad, sinergitas itu untuk menentukan sektor usaha mana yang perlu dimaksimalkan, dan perlu diingat potensi masing-masing daerah berbeda. Termasuk bisa bersinergi dengan pemerintah. Juga, perlu memiliki sikap inklusif, kolaboratif .

Inklusif artinya menjadikan Kadin harus bisa merangkul setiap pelaku usaha dengan beragam skala dan jenis industri. Kadin, harus tumbuh secara inklusif. Kolaboratif menjadikan Kadin sebagai tempat bekerja sama untuk membantu sektor kesehatan dan perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Jokowi akan bentuk Kementerian Investasi, Kepala BKPM: Kami harus tahu diri

Ketua umum Kadin Maluku, Muhammad Armyn Syarif Latuconsina menilai, majunya Arsjad Rasjid sebagai calon Ketum Kadin Indonesia secara langsung memberikan harapan baru, terhadap Kadin yang ada di seluruh provinsi. Visi untuk berkolaborasi, bersinergi, tidak inklusif, menjadi penting di tengah tantangan ekonomi berat.

"Jika beliau menjadi ketum Kadin Indonesia menjadi harapan. Kami yakin, Arsjad Rasjid mampu merubah semua itu hingga lebih jelas lagi," kata Muhammad Armyn Syarif Latuconsina dalam keterangannya Senin (26/4).

Peluang Arsjad Rasjid menjadi ketua Kadin Indonesia di Munas sangat besar. Pasalnya, saat ini saja diketahui sudah ada delapan Provinsi termasuk Maluku, telah menyatakan sikap mendukung.

"Kadin Provinsi Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Banten, DKI Jakarta, dan Maluku, telah menyatakan sikap mendukung Arsjad Rasjid. Satu Provinsi menyumbangkan tiga suara, jadi sekarang beliau telah memiliki 24 suara," ungkapnya.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×