kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KCI lakukan pembaharuan sistem perangkat ticketing


Minggu, 22 Juli 2018 / 20:43 WIB
KCI lakukan pembaharuan sistem perangkat ticketing
ILUSTRASI. Peringati Hari Pahlawan, KCI Ajak Pengguna Mengheningkan Cipta Serentak di Stasiun dan KRL


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator layanan KRL Commuter Line di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya sedang melakukan proses pembaharuan dan pemeliharaan sistem pada perangkat ticketing. Pembaruan dan pemeliharaan dilakukan sejak pukul 01.00 WIB dini hari, Minggu (22/7) dan masih berlangsung hingga saat ini.

Akibatnya terjadi antrean panjang pembelian tiket pada loket dan gate eletronik di sejumlah stasiun untuk masuk maupun keluar. Eva Chairunisa,VP Komunikasi Perusahaan KCI mengatakan, pekerjaan upgrade dan pemeliharaan sistem tiket elektronik ini telah direncanakan dan berjalan sesuai jadwal untuk sebagian besar stasiun.

"Namun di sejumlah stasiun lain, pekerjaan terkendala waktu karena sempitnya rentang waktu (window time) saat KRL tidak beroperasi dan tidak ada transaksi tiket pengguna, sehingga sebagian perangkat Gate dan POS (point of sales) loket dibeberapa stasiun hingga kini masih dalam proses pemeliharaan dan belum dapat dioperasikan untuk melayani penumpang." kata Eva dalam keterangannya, Minggu (22/7).

Dalam skala pekerjaan yang berbeda-beda, upgrade dan pemeliharaan sistem sendiri merupakan pekerjaan yang rutin dilakukan untuk menjaga performa sistem tiket elektronik KRL Jabodetabek. Upgrade berkala yang dilakukan membuat sistem yang di awal penerapannya lima tahun lalu hanya melayani sekitar 400 ribu transaksi per hari, kini mampu melayani lebih dari 1.000.000 transaksi per hari tanpa ada kendala berarti.

Hingga saat ini, sistem elektronik KCI mencakup 760 gate elektronik, 233 vending machine, dan terhubung ke 79 stasiun yang melayani KRL. Proses kali ini merupakan upaya untuk membuat sistem ticketing semakin dapat diandalkan.

Menurut Eva, waktu pelaksanaan proses tersebut diprogramkan akan selesai pada hari ini dan diharapkan seluruh perangkat sudah dapat dioperasikan untuk pelayanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×