kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemendagri dan Pertamina bersinergi dukung ekonomi desa lewat Pertashop


Jumat, 23 Oktober 2020 / 09:56 WIB
Kemendagri dan Pertamina bersinergi dukung ekonomi desa lewat Pertashop
ILUSTRASI. Pertamina Targetkan 4.308 Pertashop di 2.376 kecamatan hingga Akhir 2020.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  bersinergi dengan Pertamina untuk mendukung perkembangan ekonomi dan kemandirian desa.

Sinergi itu dilakukan lewat pembangunan outlet Pertashop yang ditargetkan 40.000 hingga tahun 2024 sebagai lembaga penyalur resmi BBM, LPG, dan pelumas Pertamina berskala kecil yang digalakkan di desa-desa seluruh Indonesia.

Pertamina membuka peluang kerja sama kemitraan bisnis Pertashop kepada Pemerintahan Desa, Koperasi serta pelaku usaha atau UKM di seluruh Indonesia, melalui kegiatan sosialisasi bersama Kemendagri RI yang sudah diselenggarakan pada 21 Oktober 2020.

Baca Juga: Kemendagri dan Pertamina sosialisasi pembangunan Pertashop di desa-desa Indonesia

Dalam kesempatan itu, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Nata Irawan menyampaikan, Kemendagri RI akan melakukan pembinaan dan pengawasan secara umum kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, serta Penyelenggaraan Pemerintahan Desa untuk percepatan pencapaian target program pertashop ini.

“Dalam hal tindak lanjut kerja sama ini, saya minta komitmen yang kuat dari Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota yang hadir, agar dapat memberikan pelayanan terbaiknya serta mendukung percepatan perizinan yang diperlukan untuk pelaksanaan program kerja sama Pertashop di Desa dengan sebaik-baiknya,” jelas Nata Irawan dalam press rilis, Jumat (23/10).

Dalam kesempatan yang sama, Mas’ud Khamid Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading Pertamina mengatakan Pertamina sebagai agent of development selalu mendorong pertumbuhan ekonomi negara agar semakin berkembang, salah satunya melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

Untuk itu, Pertamina membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis Pertashop kepada Pemerintahan Desa, Koperasi serta pelaku usaha atau UKM di seluruh Indonesia.

“Sejalan dengan program Pertamina One Village One Outlet, Pertamina akan memprioritaskan lembaga desa sebagai pengelola Pertashop. Kami harap kehadiran Pertashop dapat mempermudah aksesibilitas energi bagi masyarakat desa, sekaligus menggerakkan perekonomian di desa. Sehingga masyarakat dapat langsung merasakan kehadiran Pertamina,” ujar Mas’ud.

Melalui kerja sama tersebut, pada tahun 2020 Pertamina menargetkan 4.558 Pertashop di seluruh wilayah Indonesia. Adapun hingga bulan Oktober ini, terdapat total 753 outlet Pertashop yang sudah dan akan siap beroperasi di Indonesia.

General Manager Marketing Operation Region (MOR) III Werry Prayogi menjelaskan, khusus di Propinsi Banten telah beroperasi 11 outlet Pertashop yang berada di Desa Cipicung Kecamatan Cikeudal, Desa Banjar, Desa Banyumasdi Kecamatan Bojong, Desa Menes, Desa Sukasari di Kecamatan Tanjungteja, Desa Cinangka, Desa Curuggoong, Desa Gunung Kaler, Desa Sindangsari, Desa Sukadiri, dan Desa Muara Dua di Kecamatan Cikulur.

Baca Juga: RI sangat bergantung impor BBM dari negara semungil Singapura, mengapa begitu?

“Pertamina terus bergerak memperluas pembangunan Pertashop untuk mencukupi kebutuhan energi bagi masyarakat di pelosok desa. Terutama masyarakat yang tinggal jauh dari lokasi SPBU,” jelas Werry.

Werry menambahkan, Pertashop memiliki kapasitas minimal 3.000 liter untuk jenis produk Pertamax. Pertashop dirancang dengan memperhatikan faktor keamanan dan akurasi takaran serta dalam pengurusan bisnisnya dilakukan secara langsung atau tanpa perantara.

“Pasokan produk BBM berkualitas disalurkan langsung menggunakan mobil tangki dari Fuel Terminal terdekat dari lokasi Pertashop,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×