kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkop UKM gandeng Tanihub dan Akulaku kembangkan pasar global bagi UMKM


Jumat, 22 November 2019 / 16:46 WIB
Kemenkop UKM gandeng Tanihub dan Akulaku kembangkan pasar global bagi UMKM
ILUSTRASI. Kemenkop UKM gandeng Tanihub dan Akulaku kembangkan pasar global bagi UMKM


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) perusahaan teknologi kembangkan UMKM hingga pasar global. Terdapat dua perusahaan yakni TaniHub dan fintech peer to peer lending Akulaku dalam menghubungkan produk UMKM Indonesia dengan pasar di luar negeri.

"Ini akan sejalan dengan program Kemenkop dan UKM mendigitalisasi UMKM di Indonesia. Dengan digitalisasi, maka pendataan UMKM menjadi lebih rapi dan program akan lebih tepat sasaran", ungkap President TaniHub Pamitra Wineka dalam keterangan tertulis pada Jumat (22/11).

Baca Juga: Bahas pemberdayaan UMKM, Jokowi: Hasilnya kurang nendang

Pamitra bilang TaniHub dan Akulaku sudah berdiskusi dengan Menkop tentang teknologi yang bisa digunakan untuk membantu UMKM meningkatkan kapabilitas usahanya. Sehingga, revenue bisnis UMKM bisa meningkat. "Kita juga akan mengintegrasikan mereka ke dalam plattform digital yang besar-besar,” ucap Pamitra.

Misalnya, lanjut Pamitra, UMKM di sektor pertanian bisa diintegrasikan dengan TaniHub. Sementara untuk UMKM yang membutuhkan pendanaan akan diintegrasikan dengan Akulaku. "Proses pendanaan pun akan lebih cepat dan tepat sasaran", kata Pamitra.

Hanya saja, aku Pamitra, pihaknya tidak hanya akan fokus pada sektor pertanian saja, melainkan seluruh usaha yang digeluti UMKM.

Baca Juga: Kemenkop UKM beberkan tiga jurus gairahkan UMKM dan Koperasi

"Dari sisi demand di luar negeri, mereka bisa dapatkan, termasuk sisi pendanaannya. Kita yang akan menyambungkan produk UMKM ke demand di luar negeri, sementara Kemenkop dan UKM yang menaungi dari sisi UMKM atau product supply-nya", jelas Pamitra.

Selain itu, lanjut Pamitra, bilang akan memberikan kriteria UMKM yang akan mendapatkan pendanaan dari Akulaku. Sisi lain, pihaknya juga akan memberikan gambaran terkait kriteria atau speck produk terlebih dahulu, seperti apa yang dibutuhkan dan sesuai selera demand di luar negeri.

"Setelah kita mengetahui itu, akan kita teruskan ke Kemenkop dan UKM sebagai yang menaungi sisi supply", tukas Pamitra.




TERBARU

[X]
×