kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemhub berencana libatkan swasta dalam pengelolaan jembatan timbang


Senin, 23 Juli 2018 / 20:48 WIB
Kemhub berencana libatkan swasta dalam pengelolaan jembatan timbang
ILUSTRASI. Jembatan timbang


Reporter: Arsy Ani Sucianingsih | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemhub) saat ini tengah berupaya untuk melakukan privatisasi atas kepemilikan jembatan timbang. Hal ini akan di dukung skema baru untuk melibatkan pihak swasta mengelola jembatan timbang tersebut.

Dirjen Perhubungan Darat Kemhub Budi Setyadi mengatakan, skema kerja sama yang akan dilakukan yakni menggunakan Kerja sama Pemerintah Badan usaha (KPBU) dengan menggunakan availability payment.

Hal ini merupakan salah satu kegiatan atau program yang di dalamnya terdapat aspek pengawasan, aspek perbaikan dan dilaksanakan dalam satu kegiatan yang dikelola oleh swasta.

“Pemerintah akan lakukan pembangunan ini pada daerah Palembang dan Riau, kami sudah kontrak dengan Dirjen PU Bina Marga untuk membangun dua jembatan timbang dengan skema baru di mana swasta yang akan mengelola,” katanya saat FGD di menara Kadin, Senin (23/7).

Dia melanjutkan, kerja sama ini akan berlaku hingga waktu yang sudah di tentukan. Dengan anggaran yang berasal dari kementerian PUPR, pihak swasta akan membangun dari awal pembangunan jembatan timbang tersebut, dan pihak swasta pula yang akan mengoperasikan jembatan tersebut.

“Nanti pemerintah akan bayar kepada swasta itu. Sehingga nanti akan ada keuntungan swasta di mana Semakin baik aspek pengawasan oleh pihak swasta kemudian kerusakan jalan akan tidak terjadi seperti sekarang,” tambahnya.

Menurutnya, jika jembatan timbang bekerja optimal, di mana kerusakan dan perbaikannya tidak begitu banyak maka di situ pihak swasta dapat keuntungan. Saat ini, Kemhub tengah mendorong semua jembatan timbang yang ada di Indonesia memiliki skema yang sama.

“Biar pemerintah menjadi regulator dan pelaksanaannya oleh swasta. Sehingga tidak ada lagi pungli,” harapnya.

Di sisi lain, perkembangan teranyarnya Kemhub tengah melakukan pendampingan oleh pihak swasta untuk menjalani SOP. Terdapat 11 jembatan timbang yang dilengkapi oleh tim dari surveyor Indonesia.

“Dari surveyor Indonesia ada di dalamnya, untuk apa menjalani SOP yang sedang berjalan, kemudian menyangkut masalah pengawasan terhadap petugas-petugas kita. Nah kemudian bulan September surveyor Indonesia akan mendampingi pada 43 jembatan timbang,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×