kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemtan pastikan tidak mengimpor gula untuk konsumsi tahun depan


Kamis, 20 Desember 2018 / 22:28 WIB
Kemtan pastikan tidak mengimpor gula untuk konsumsi tahun depan
ILUSTRASI. GULA PUTIH IMPOR


Reporter: Kiki Safitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Kementerian Pertanian (Kemtan) melalui Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang menegaskan, tahun 2019 dipastikan impor gula untuk konsumsi tidak ada. Hal ini mengingat stok akhir tahun untuk gula cukup banyak.

“Tahun depan kita estimasi produksi 2,5 juta ton, dengan 2,5 juta ton itu masih ada stok kitas sekitar 800 ribu lebih di tahun ini, berarti gula untuk konsumsi kita nggak impor lagi,” kata Bambang kepada Kontan.co.id, di Bogor (20/12).

Sedangkan untuk gula kebutuhan industri Bambang membenarkan akan dilakukan impor di tahun 2019 mendatang sebesar 2,7 juta ton. Namun demikian hal ini bukan ranah dari kementerian pertanian.

“Kalau yang 2,7 juta ton itu untuk industri dan itu bukan wilayah kita. Kalau untuk gula konsumsi sementara kita enggak impor lagi,” tegas.

Pengamat Pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia Khudori, membuat perhitungan untuk estimasi gula jika tahun 2019 dilakukan impor.

Ia menjabarkan jika over supply di tahun 2018 ini berjumlah sekitar 1 juta ton dan ditambah dengan impor row sugar 2,1 juta ton untuk konsumsi dan industri.

Jika row sugar diolah untuk konsumsi menghasilkan 1,05 juta ton dengan produksi gula tahun 2019 adalah 2,2 juta ton (sama dengan tahun ini) maka jumlah gula adalah 4,3 juta ton dengan kebutuhan konsumsi 3 juta ton per tahun.

“Jika tahun 2019 ada impor gula untuk konsumsi hal tersebut akan semakin menekan harga di tingkat petani. Kalau hitungan saya benar harusnya dengan asumsi produksi tahun depan sama dengan tahun ini, maka sudah cukup enggak perlu impor,” ungkapnya.

Senada disampaikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, bahwa impor gula untuk konsumsi sudah tidak perlu lantaran sudah dibangun 7 pabrik gula untuk mencukupi kebutuhan konsumsi.

“Kita sudah bangun pabrik gula di Bombana, Lamongan, Sumba Timur, Sumbawa, Lampung dan Ogan Komelir Ilir,” kata Amran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×