kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja PGN bakal kinclong pasca akuisisi Pertagas rampung


Minggu, 01 Juli 2018 / 08:27 WIB
Kinerja PGN bakal kinclong pasca akuisisi Pertagas rampung
ILUSTRASI. SPBG PGN


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan secara resmi bersatu dengan PT Pertamina Gas (Pertagas) setelah ditandatanganinya kesepakatan integrasi kedua perusahaan yang dijadwalkan bakal dilakukan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siang ini, Jumat (29/6).

Analis Senior Binaartha Parama Sekuritas, Reza Priyambada, mengungkapkan integrasi Pertagas oleh PGN merupakan aksi korporasi yang biasa dilakukan di dunia bisnis.

Setelah integrasi Pertagas, maka PGN menjadi subholding untuk mengelola bisnis gas di bawah koordinasi PT Pertamina (Persero) (Pertamina) sebagai induk holding BUMN migas.

Reza menyebut, ada begitu banyak dampak positif bagi Pertagas pasca integrasi oleh PGN. Beberapa diantaranya adalah Pertagas bisa menambah jumlah distribusi penyaluran gas melalui pelanggan-pelanggan gas existing PGN.

Selain itu, Pertagas dan PGN bisa mengoptimalkan pemanfaatan dana belanja modal untuk membangun infrastruktur secara terintegrasi, tidak lagi tumpang tindih atau berkompetisi satu sama lain.

"Saya melihat lebih ke hal-hal positif dari integrasi Pertagas oleh PGN. Sementara kalau dari sisi negatif, justru kalau misalkan Pertagas ini memiliki utang yang besar, maka akan menjadi bagian PGN untuk menanggung utang tersebut," kata Reza saat dihubungi, Sabtu (30/6).

Oleh karena itu, menurut Reza, seluruh pihak seharusnya melihat aksi korporasi tersebut dari sisi positif, yang nantinya bisa memperbesar channel distribusi Pertagas.

Ujungnya, Pertamina yang mengelola PGN kinerjanya juga akan membaik. Karena PGN bersama Pertagas pasti bisa dioptimalkan Pertamina untuk meningkatkan kerja sama di sektor energi lainnya, sampai luar negeri," kata Reza. (Sanusi)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PGN dan Pertagas Resmi Bersatu, Kinerja PGN Bakal Meroket,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×