kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kiprah 60 tahun Panasonic dan Gobel Indonesia, pioneer Industri Elektronika Nasional


Minggu, 12 April 2020 / 18:52 WIB
Kiprah 60 tahun Panasonic dan Gobel Indonesia, pioneer Industri Elektronika Nasional
ILUSTRASI. Rangkaian mesin pendingin ruangan AC Bintang 4 Panasonic Gobel dipamerkan saat peluncurannya di Jakarta Pusat, Senin (8/8/2016). Sesuai Peraturan Menteri ESDM No.7 Tahun 2015 tentang produk yang hemat energi, Panasonic produsen produk elektronik dunia, me


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun 2020, kemitraan Panasonic dan Gobel Indonesia genap memasuki usia 60 tahun. Banyak prestasi yang berhasil dicapai selama enam dasawarsa tersebut. Kontribusi Panasonic Gobel mendapat banyak apresiasi. Dia adalah pionir dalam industri elektronika nasional.

Hingga kini, komitmen dan kontribusi positif Panasonic Gobel terhadap kinerja industri elektronika di Tanah Air terus berkesinambungan dengan terus menambah produk-produk baru dan peningkatan kapasitas produksi melalui kegiatan investasi, ekspor, alih teknologi dan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan berdaya saing global.  

“Sejak awal pendiri perusahaan ini, Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel berkomitmen ingin membangun industri sebagai jalan untuk berbakti memajukan Indonesia. Demi mewujudkan cita-cita tersebut, Pak Gobel kemudian memilih melakukan kerja sama, joint venture dengan Matshushita (Jepang) karena sama-sama memiliki visi membangun industri dan melakukan investasi jangka panjang di Indonesia,” ujar Rachmat Gobel, Putra Pendiri sekaligus President Commisioner PT Panasonic Gobel Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (9/4).

Baca Juga: Dukung penanganan corona, Panasonic revitalisasi ribuan AC di Wisma Atlet Kemayoran

Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel adalah seorang entrepreneur sejati  dan diakui sebagai industriawan tangguh yang  memiliki rasa nasionalisme serta berpandangan jauh ke depan.

Langkah besarnya diawali pada tahun 1954, ketika dia memutuskan mendirikan PT Transistor Radio Manufacturing di Cawang, Jakarta yang memproduksi radio transistor pertama di Indonesia dengan merek “Tjawang”.

Tahun 1960, untuk mengembangkan usaha industrinya, PT Transistor Radio Manufacturing dan Matsushita Electric Industrial Co. Ltd (Japan) menjalin kerja sama.

Sepuluh tahun kemudian, kedua perusahaan tersebut sepakat meningkatkan kerjasamanya dengan membentuk  joint venture, PT National Gobel, perusahaan assembling & manufacturing (pembuatan) peralatan elektronik rumah tangga. 

Sejak itu, perusahaan-perusahaan di bawah naungan Panasonic Gobel terus berkembang, melalui berbagai pasang surut. Bendera perusahaan juga berganti, dari PT National Gobel menjadi PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI).

Namun, ada satu hal yang tidak pernah berubah, yakni tekad membangun industri dan nilai tambah untuk perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, Panasonic Gobel tidak hanya membangun pabrik, tapi juga membangun manusia Indonesia yang unggul agar bisa melakukan alih teknologi, serta tidak kalah pentingnya tetap menjaga hubungan baik dengan semua pemangku kepentingan seperti masyarakat, pemerintah termasuk perguruan tinggi dan media massa.

Baca Juga: Capai TKDN AC 40%, Panasonic ekspor pendingin ruangan ke Nigeria




TERBARU

[X]
×