kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kuasai pasar 30%-40%, Voksel terus genjot produksi


Jumat, 21 Oktober 2016 / 23:34 WIB
Kuasai pasar 30%-40%, Voksel terus genjot produksi


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

JAKARTA. Dalam 15 tahun ke depan, investasi penyediaan tenaga listrik di Indonesia diperkirakan sekitar US$ 154 miliar. Sedangkan kebutuhan pembangunan jaringan telekomunikasi fiber optic sebesar 5,4 juta homepass per tahun.

Berangkat dari kebutuhan tersebut, PT. Voksel Electric,Tbk sebagai pabrikan utama  kabel power dan telekomunikasi  terus menggenjot kapasitas produksi. Untuk kabel power aluminium sekitar 6,000 ton per bulan,  power cable – copper 2,000 ton per bulan. Sedangkan  kabel fiber optik, Voksel mampu menyerap pemakaian fiber core sebanyak 150.000 sckm per bulan. Saat ini segmentasi pasar power kabel Voksel terbesar adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN), beberapa perusahaan BUMN dan kontraktor swasta baik lokal maupun internasional. Sedangkan di  pasar ritel, Voksel menguasai sekitar 30%-40 %.
 
Selain pasar dalam negeri, Voksel juga membidik pasar ekspor.  Volume power cable yang di ekspor pernah mencapai 40% dari total penjualan dalam beberapa tahun terakhir. Total ada 60 tujuan ekspor, seperti Brunei, Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Srilanka, Myanmar, Hong Kong, India, Bangladesh, Jepang, Dubai, Abu Dhabi, Mauritius, Nigeria, Sudan dan Ethiopia. Untuk fiber optik,  pasar terbesar  Voksel adalah PT Telkom Indonesia yaitu 70%, dan non Telkom sebesar 30%.
 
Seiring  peraturan pemerintah agar memenuhi kebutuhan industri listrik dalam negeri dengan penggunaan produksi dalam negeri secara optimal, kabel Voksel memperoleh sertifikat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dari Kementrian Perindustrian. “Konten lokal menjadi salah satu kekuatan kami terutama untuk produk konduktor yang berkaitan langsung dengan program 35.000 MW. Produk konduktor kami sudah mencapai TKDN 95%,” ungkap David Lius, Presiden Direktur Voksel dalam rilis, Jumat (21/10).
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×