kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lembaga Pangan Malaysia BERNAS tertarik galang perdagangan beras dengan Bulog


Rabu, 10 April 2019 / 18:01 WIB
Lembaga Pangan Malaysia BERNAS tertarik galang perdagangan beras dengan Bulog


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  PAREPARE. Lembaga Pangan Malaysia, BERNAS tertarik menggalang perdagangan beras dengan Perum Bulog sebagai upaya menjamin ketersediaan pangan yang berkualitas baik (premium) di negara tetangga tersebut, sekaligus bukti kepercayaan terhadap kualitas beras Indonesia.

Kepala Departemen Industri penelitian dan analisa BERNAS Malaysia Salman Muhammad mengatakan pihaknya sudah sejak lama mengetahui kualitas beras Bulog yang baik. "Sehingga perlu dilakukan kerjasama yang lebih serius yang bisa memberikan banyak manfaat dan saling menguntungkan bagi kedua negara”, katanya, seperti dikutip dari siaran pers yang diperoleh Kontan.co.id, Rabu (9/4).

Kunjungan BERNAS Malaysia ke Indonesia merupakan tindak lanjut kunjungan delegasi Bulog beberapa waktu lalu sebagai upaya untuk membuka akses pasar berskala internasional. Malaysia menjadi pilihan pertama mengingat banyak peluang yang bisa dibangun dalam hal perdagangan pangan termasuk beras.

Dalam kunjungan kali ini, delegasi BERNAS mengunjungi dan menyambangi Bulog Sulselbar untuk melihat proses pengolahan beras di Rice Milling Unit (RMU) Bulog Parepare, Sulselbar, dan menyambangi Pasar Induk Beras (PIB) Parepare, dalam rangka memastikan kelancaran kerjasama yang akan dibangun kedua lembaga pangan tersebut.

Direktur Komersial Perum Bulog Judith J Dipodiputro mengatakan, tujuan dari kunjungan ini untuk mengidentifikasi kualitas dan pasar beras Indonesia guna membuka peluang ekspor ke Malaysia.

Kunjungan dan juga pertemuan dengan pimpinan puncak Bulog di Jakarta merupakan sharing knowledge atas peta industri pangan di Indonesia sekaligus memahami peran dan fungsi BULOG dalam struktur industri pangan Indonesia. "Kita berharap baik BERNAS dan Bulog dapat membangun kerjasama strategis jangka panjang di bidang pangan atau di bidang komoditas pangan lainnya,” kata Judith.

Bulog memiliki outlet penjualan Toko Pangan Kita (TPK) untuk memasok ke pedagang dalam partai besar dan Jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) yang jumlahnya mencapai puluhan ribu untuk menjangkau konsumen akhir yang memiliki peran dan fungsi strategis dalam perdangangan komoditi pangan nasional.

Selain itu, Bulog juga menguasai logistik pergudangan komoditi pangan khususnya beras yang tersebar diseluruh Indonesia dengan jumlah 1.650 unit gudang  dan kapasitas mencapai 4 juta ton beras.

BERNAS merupakan perusahaan swasta yang diberikan wewenang oleh Pemerintah Malaysia untuk menjaga logistik beras nasional termasuk mengatur pengadaan dan pemrosesan padi, importasi, pergudangan, distribusi serta pemasaran beras di Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×