kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luhut: Tol Cisumdawu sudah bisa beroperasi pada akhir tahun 2020


Senin, 06 Januari 2020 / 23:19 WIB
Luhut: Tol Cisumdawu sudah bisa beroperasi pada akhir tahun 2020
ILUSTRASI. Seksi 1-3 Tol Cisumdawu Ditargetkan Fungsional Pada Mudik Lebaran Tahun 2020


Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, proyek tol Cileunyi - Sumedang- Dawuan (Cisumdawu) dapat selesai pada akhir tahun ini.

"Kita berharap akhir tahun ini bisa tuntas," ujar Luhut, Senin (6/1).

Dengan demikian, Luhut berharap tol Cisumdawu dapat beroperasi pada awal tahun 2021. Ia mengaku, permasalahan pembebasan tanah masih menjadi kendala pembangunan tol Cisumdawu.

Baca Juga: Menteri PUPR targetkan proyek jalan tol Cisumdawu akan selesai di akhir 2020

Menurut dia, 70% lahan yang bermasalah saat ini sudah diselesaikan dan masih terdapat 30 persen lagi yang masih dalam proses penyelesaian.

"Sekarang sudah 70 persen, 30 persen yang belum. Tapi bervariasi ya, ada yang sudah 77 persen, ada juga yang masih berapa persen," ujar dia.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danang Parikesit meminta Badan Usaha Jalan Tol agar pembangunan jalan tol dipecah menjadi paket-paket kegiatan.

Baca Juga: Jokowi: Indahnya pemandangan sepenggal Jalan Tol Cisumdawu

"Jadi tidak hanya dikerjakan 1 kontraktor, jadi setiap 5 km paling tidak maksimal dikerjakan 1 kontraktor," kata Danang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sebagian tol Cisumdawu akan bisa digunakan pada akhir tahun ini untuk menghubungkan Bandung dan Kertajati.

"Kami harapkan akhir 2020 seksi I, II, III selesai. Sedangkan seksi IV, V, VI kami menggunakan jalan kabupaten, provinsi atau negara yang menghubungkan itu," kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×