kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mampu bertahan di kala pandemi, ekspor Perum Perindo moncer dan sabet penghargaan


Kamis, 05 November 2020 / 13:54 WIB
Mampu bertahan di kala pandemi, ekspor Perum Perindo moncer dan sabet penghargaan
ILUSTRASI. Produk olahan makanan laut dari Perum Perindo


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perum Perindo berhasil menggondol Global Branding and Marketing Award kategori Export Marketing Development pada acara 8th BUMN Branding & Marketing Award 2020 yang digelar Kamis (5/11). Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Operasional Perum Perindo Raenhat Tiranto Hutabarat.

Ketegori ini didasarkan pada penilaian keaktifan Perum Perindo dalam melakukan ekspor di tengah gempuran covid-19. Pada awal Oktober, Perum Perindo mencatatkan ekspor ikan ke Jepang via Manado, Sulawesi Utara. Ekspor ini merupakan ekspor pertama langsung dari Indonesia Timur tanpa harus melalui Jakarta.

Ekspor hasil perikanan ini diinisiasi oleh Perum Perindo Unit Tahuna di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Adapun ikan yang diekspor berupa tuna utuh sirip kuning (whole yellow fin tuna) dan ikan layang. 

Ikan tersebut akan langsung dikirim ke Jepang dengan tujuan akhir Pasar Ikan Tsukiji baru atau Pasar Ikan Toyosu untuk diikutsertakan di lelang ikan.

Baca Juga: Perum Perindo dan Pertamina kembangkan potensi budidaya perikanan di Lampung

Direktur Operasional Perum Perindo Raenhat Tiranto Hutabarat mengapresiasi kinerja seluruh karyawan Perindo yang berdedikasi sehingga layak mendapatkan penghargaan. 

“Penghargaan Global Branding and Marketing Award kategori Export Marketing Development ini adalah hasil kerja keras seluruh insan Perum Perindo untuk selalu survive di tengah badai pandemi,” kata dia usai menerima penghargaan seperti dalam keterangan tertulis, yang diterima Kontan.co.id, Kamis (5/11).

Raenhat tak menampik Covid-19 telah meluluhlantakkan seluruh lini bisnis industri. Namun kerja keras dan inovasi adalah dua kunci agar perusahaan mampu bertahan di tengah gempuran. Selain ekspor, Perum Perindo juga fokus ke penjualan ikan ke pasar domestik secara offline dan online.

Apalagi, Perum Perindo baru saja meluncurkan ritel produk perikanan dengan brand bernama Ikanaku.

Ikanaku terdiri atas produk-produknya untuk bahan dasar masakan atau kuliner perikanan khas Indonesia antara lain kakap merah, ikan kembung, bandeng, ikan cakalang, tenggiri, Ikan bawal dan salmon.

Selain itu, ada juga beberapa olahan seperti tenggiri giling, tenggiri steak, tuna steak, salmon portion, angoli fillet, ikan dori, cumi, udang kupas. Selanjutnya, perusahaan juga menawarkan produk siap masak seperti Ikan nila bumbu kuning, udang saos dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Perum Perindo teken kerja sama dengan Bhanda Ghara Reksa

“Produk ikanaku ini mudah didapatkan. Caranya yakni dengan layanan ritel melalui aplikasi Whatsapp dan grab mart. Selain itu, produk Ikanaku direncanakan akan meluas tersedia BUMDes kerjasama dengan Kementerian Desa dan di Food Court Pasar Ikan Modern Muara Baru,” pungkas dia.

Selanjutnya: Sasar pembeli ritel, Perum Perindo luncurkan merek dagang Ikanaku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×