kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mei, tes Covid-19 GeNose C19 bakal hadir di Bandara Soekarno-Hatta


Rabu, 14 April 2021 / 11:14 WIB
Mei, tes Covid-19 GeNose C19 bakal hadir di Bandara Soekarno-Hatta


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan GeNose C19 direncanakan akan tersedia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Mei 2021. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

GeNose C19 merupakan salah satu alat penyaringan (skrining) selain PCR dan rapid antigen yang diperuntukkan pengguna moda transportasi udara dalam negeri. 

"Mengenai GeNose belum ada tepatnya minggu ke berapa tetapi ancar-ancarnya bulan Mei," ujarnya dalam agenda "Weekly Press Briefing" Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada Senin (12/4/2021). 

Selain itu, GeNose C19 merupakan karya anak bangsa yang sudah disetujui oleh kementerian riset dan teknologi, serta kementerian perhubungan. 

Baca Juga: Mudik Lebaran dilarang, KAI masih jual tiket kereta hingga 30 April 2021

"Testing ini adalah bagian dari protokol kesehatan yang baik dan kami mendorong terus agar protokol kesehatan benar-benar dijaga secara ketat dan disiplin dengan rasa penuh tanggung jawab," ujar dia. 

Sandiaga mengatakan, layanan GeNose C19 ini tentunya membutuhkan kerjasama antara Angkasa Pura II dengan penyelenggara testing, treasing dan treatment. Ia juga mendukung layanan tersebut untuk segera diterapkan di Bandara Internasional Soekaro-Hatta karena tingkat mobilitas pengguna Bandara Internasional Soekarno Hatta yang tinggi. 

Baca Juga: Saat puasa Ramadhan, bagaimana cara tes GeNose? Ini syaratnya agar hasilnya akurat

Sandiaga juga menyampaikan bahwa layanan GeNose saat ini memang masih terbatas jumlahnya, yakni sekitar 600 hingga 1.000 per hari. Namun, pemerintah terus berupaya untuk dapat meningkatkan layanan GeNose seperti, bekerja sama dengan Angkasa Pura dan Farmalab. 

Adapun empat bandara yang menerapkan alat GeNose secara bertahap, yakni Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta dan Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Layanan GeNose Tersedia di Bandara Soekarno Hatta pada Bulan Mei"
Penulis : Desy Kristi Yanti
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Selanjutnya: Aturan perjalanan di bandara selama Ramadan dan Mudik Lebaran 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×