kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menilik persaingan penjualan gula di pasar retail


Rabu, 06 Februari 2019 / 18:35 WIB
Menilik persaingan penjualan gula di pasar retail


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa supermarket dan minimarket mengalami kesulitan untuk menyediakan stok gula bermerk Gulaku yang diproduksi Sugar Group Companies.

Saat ini beberapa supermarket dan mini market yang ditelusuri Kontan.co.id di wilayah Ciputat, Tangerang Selatan, Gulaku masih mudah ditemui. Tetapi menurut pengakuan kasir di setiap supermarket dan minimarket itu, persediaan Gulaku akhir-akhir agak sulit.

Di supermarket Super Indo Jalan RE Martadinata misalnya, stok Gulaku masih tersedia. Salah seorang kasir mengatakan, produk Gulaku masih menjadi produk yang laris. "Tapi akhir-akhir stoknya agak susah datang," katanya pada Rabu (6/2).

Beberapa pelanggan yang dihampiri Kontan.co.id juga mengakui bahwa Gulaku masih menjadi produk andalan yang dibeli untuk kebutuhan sehari-hari. Di Super Indo, Gulaku dijual dengan harga Rp 12.500 per kilogram. 

Di tempat tersebut, Gulaku musti bersaing dengan merk Sus yang diproduksi PT Surya Utama Sentosa yang dijual dengan harga Rp 12.500 per kg. Kemudian ada pula gula merek Super Indo yang dijual dengan harga Rp 11.900 per kg.

Begitu pula gerai Indomaret di jalan RE Martadinata, kendati stok Gulaku masih tersedia, seorang kasir mengakui stok yang dijual saat ini merupakan stok lama yang belum habis. "Stok yang dipesan belum datang," katanya.

Di Indomaret, Gulaku dijual dengan harga Rp 12.500 per kg. Di sini, Gulaku bersaing dengan brand Gulare seharga Rp 11.700 per kg dan Rose Brand seharga Rp 11.900 per kg.

Kemudian di supermarket Tip Top Ciputat, Gulaku dijual dengan harga Rp 12.400. Di sini, pihak Tip Top tidak merasa kesulitan mendatangkan produk Gulaku. "Baru aja datang stok Gulaku," ujar salah seorang staff Tip Top kepada Kontan.co.id.

Di Tip Top Gulaku bersaing dengan merk PSM seharga Rp 11.475 per kg, gula GMP seharga Rp 11.675, per kg dan Gulare seharga Rp 11.350 per kg. Adapun di antara supermarket lain, pantauan Kontan.co.id Tip Top Ciputat terlihat paling ramai pengunjung.

Kemudian di mini market Sodaqo Mart, stok Gulaku malah tidak ada. Seorang kasir yang bertugas mengatakan, pesanan Gulaku tidak kunjung datang sejak tiga bulan yang lalu. "Kita hanya stok Rose Brand sekarang," ujarnya.

Terakhir di Carrefour Jalan RE Martadinata Ciputat, stok Gulaku masih banyak tersedia. Di sini Gulaku dijual dengan harga Rp 12.500 per kg. Gulaku bersaing dengan merek Gula Kristal Putih yang diproduksi PT Angles Products seharga Rp 12.500 per kg, Rose Brand seharga Rp 11.500 per kg, dan Gulare seharga Rp 11.500 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×