kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Susi ajak Jepang investasi sentra laut dan pelabuhan


Jumat, 01 Juni 2018 / 13:32 WIB
Menteri Susi ajak Jepang investasi sentra laut dan pelabuhan
ILUSTRASI. Menteri Susi Pudjiastutti


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Pada kunjungan kerjanya di Tokyo, Jepang, pekan lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bertemu dengan Chairman Japanese External Trade Organization (JETRO) Hiroyuki Ishige, untuk membicarakan peluang kerja sama Indonesia - Jepang di sektor kelautan dan perikanan.

Peluang kerja sama tersebut diprioritaskan dalam pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di enam pulau terluar Indonesia.

Dalam pertemuan pada Rabu (30/5), Menteri Susi mempromosikan, investasi sektor perikanan di Indonesia saat ini sangat menjanjikan. Hal ini menurutnya karena terjadinya peningkatan stok ikan yang diikuti dengan surplus perdagangan sektor perikanan yang telah terlihat pada kuartal I 2018 ini.

"Situasi sektor perikanan di Indonesia sekarang terus berkembang. Stok ikan lestari (Maximum Sustainable Yield/MSY) naik tinggi, biomass tumbuh 3,6 kali. Surplus perdagangan komoditi perikanan pada kuartal I ini (2018) hampir USD1 miliar. Hasilnya sangat luar biasa,” tutur Susi sesuai rilis yang diterima Kontan, Kamis (1/6).

Tak hanya itu, menurut Menteri Susi penangkapan ikan tuna di Indonesia juga mengalami peningkatan. Ia berpendapat, nelayan tidak perlu lagi jauh ke tengah laut untuk menangkap ikan tuna.

“Ikan tuna berukuran besar 70, 80, 90 kg bisa didapatkan nelayan dalam rentang 5-8 mil saja dari tepi pantai, bahkan ada yang 2 mil dari pantai. Jadi luar biasa,” tambahnya.

Adapun enam SKPT yang dimaksud yaitu SKPT Sabang, SKPT Natuna, SKPT Saumlaki, SKPT Morotai, SKPT Biak Numfor, dan SKPT Moa.

Oleh karena itu, hal ini merupakan kesempatan besar bagi Jepang untuk melakukan investasi dalam revitalisasi industri tuna dan pembangunan enam titik SKPT yang merupakan lumbung-lumbung ikan di Indonesia. Tak hanya sektor perikanan, pembangunan SKPT juga membuka peluang investasi di bidang infrastruktur. Untuk itu, ia juga mengajak Jepang membangun pelabuhan laut dalam di Sabang, Aceh.

“Barangkali sempat India ingin investasi deep sea port (pelabuhan laut dalam). Saya pikir, Jepang sudah buat SKPT di sana, kenapa tidak membangun deep sea port-nya sekalian," imbuhnya.

Susi juga menyampaikan, Jepang dapat membangun pelabuhan baik untuk penangkapan ikan maupun pelabuhan umum. "Sea port-nya untuk pelabuhan umum dan pelabuhan perikanan, dual function,” tandasnya.

Upaya Menteri Susi ini disambut baik oleh Hiroyuki. Menurut Hiroyuki, pihaknya memang menaruh perhatian terhadap kerja sama Indonesia - Jepang yang sudah terjalin selama 60 tahun ini. Ia mengaku, JETRO bahkan menggelar seminar rutin khusus membahas peluang investasi ke Indonesia.

“Mengenai seminar terdapat berbagai jenis. Ada yang skalanya besar, dan ada yang skalanya kecil tetapi bersifat lebih intensif,” tuturnya.

Asal tahu, JETRO merupakan organisasi perdagangan eksternal Jepang yang terkait dengan pemerintah, dan bertugas mempromosikan perdagangan dan investasi antara Jepang dengan negara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×