kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Natal &Tahun Baru, tol layang Jakarta-Cikampek dan Balikpapan-Samarinda gratis


Selasa, 10 Desember 2019 / 07:14 WIB
Natal &Tahun Baru, tol layang Jakarta-Cikampek dan Balikpapan-Samarinda gratis
ILUSTRASI. Kendaraan melintasi Jalan Tol Jakarta Cikampek II atau Japek Elevated saat ujicoba cek perlintasan di Kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu ( 8/12/2019). PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), akan membuka jalan Tol Japek Elevated secara fungsion


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Jakarta-Cikampek II Elevated dan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam)  dioperasikan bebas tarif saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Danang menyampaikan hal itu kepada Kompas.com, di Jakarta, saat peluncuran kampanye #LiburSantuy Astra Infra, Senin (9/12). Khusus Tol Layang Jakarta-Cikampek, Danang mengatakan, diharapkan dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 12 Desember 2019.

Baca Juga: Jalan tol Jakarta-Cikampek II elevated dipastikan gratis hingga awal tahun depan

Jadi, selama dua hari ini, tanggal 9 dan 10 Desember, BPJT akan terus memantau pemenuhan uji laik fungsi (ULF) jalan bebas hambatan sepanjang 36,4 kilometer.

Setelah itu, Sertifikat Laik Operasi (SLO) akan diterbitkan melalui Surat Keputusan Menteri PUPR sehari setelahnya yakni tanggal 11 Desember. "Jadi, peresmiannya setelah itu, yakni tanggal 12 Desember," tegas Danang.

Terkait pentarifan, Danang mengaku masih dalam pembahasan. Dan waktu sebulan ini, akan dimanfaatkan semaksimal mungkin agar tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek segera keluar pada Januari 2020.

Baca Juga: Beroperasi 20 Desember, Tol Layang Japek II tak ada gerbang keluar di tengah jalan

Pasalnya, ada hal-hal khusus yang perlu disesuaikan, seperti tarif untuk jarak terdekat, menengah, dan terjauh, serta posisinya yang paralel dengan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

"Kami perlu merumuskan hal-hal khusus itu dan akan diakomodasi. Jadi, untuk sementara, tol ini beroperasi dan tak bertarif selama satu bulan, jelang Tahun Baru 2020," imbuh Danang.




TERBARU

[X]
×