kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panasonic gandeng Texcell verifikasi teknologi Nanoe™ X hambat virus


Senin, 30 November 2020 / 08:47 WIB
Panasonic gandeng Texcell verifikasi teknologi Nanoe™ X hambat virus
ILUSTRASI. Panasonic


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panasonic berupaya memberi kontribusi terhadap kesehatan masyarakat pada masa pandemi. Terbaru, perusahaan bekerjasama dengan lembaga penelitian kontrak global Texcell asal Prancis untuk memverifikasi efek penghambatan virus berbahaya oleh teknologi Nanoe™ X.

Berdasarkan hasil verifikasi tersebut Panasonic menegaskan bahwa Teknologi nanoe™ X yang dipakai pada produk pendingin ruangan (AC) mampu menghambat penyebaran Virus Corona.

Teknologi nanoe™ X merupakan sistem pemurni udara revolusioner penghasil partikel air berukuran nano yang dikembangkan oleh Panasonic.

Teknologi ini merupakan teknologi atomisasi elektrostatis yang bersifat oksidatif dan reaktif, dengan mengumpulkan kelembapan di udara dan menerapkan tegangan tinggi ke partikel nano tersebut untuk menghasilkan Radikal Hidroksil (OH) yang terkandung dalam air.

Baca Juga: Panasonic Gobel berikan dukungan ke industri kreatif

Lembaga penelitian Texcell telah memverifikasi bahwa Radikal Hidroksil (OH) yang dikembangkan pada teknologi nanoe™ X 99,99% dapat menghambat aktivitas Novel Coronavirus (SARS-CoV-2) dalam waktu dua jam.

Diana Wijaya, General Manager Air Conditioner Panasonic Gobel Indonesia (PGI) mengatakan, Panasonic memiliki komitmen untuk menghadirkan teknologi terbaik yang dibutuhkan masyarakat demi kehidupan yang lebih baik.

Novel Coronavirus adalah salah satu jenis virus baru yang telah diuji di Texcell. Hasil uji itu mengkonfirmasi bahwa nanoe™ X memiliki efek penghambatan pada Novel Coronavirus.

“Pengujian ini dilakukan di lingkungan laboratorium secara tertutup, dan belum dicoba keefektifannya pada tempat terbuka. Panasonic akan terus berupaya  mengembangkan potensi dari teknologi nanoe™ X untuk mengatasi kemungkinan risiko terkait penyebaran virus berbahaya”, kata Diana Wijaya dalam press rilis yang diterima Kontan.co.id, Senin (30/11).

Panasonic telah melakukan penelitian tentang teknologi ini selama 20 tahun terakhir sejak 1997 dan telah memverifikasi keberhasilannya di berbagai bidang, termasuk menghambat mikroorganisme patogen dan alergen, memecah komponen PM 2.5 yang berdampak buruk pada tubuh manusia.

Diana menambahkan, pada tahun 2012, Panasonic melakukan uji pembersihan virus bersama organisasi pihak ketiga dan menyatakan keefektifan pada setiap 4 kategori dalam hal karakteristik biologis.

Berdasarkan hasil uji tersebut, Panasonic mengumumkan bahwa teknologi Radikal Hidroksil (OH) yang terkandung dalam air diharapkan memiliki efek penghambatan pada virus - virus jenis baru*3”,.

Ia menjabarkan verifikasi pengujian efek penghambatan nanoe™ X pada Novel Coronavirus dilakukan di ruang uji 45 liter yang berisi virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) dengan dan tanpa paparan nanoe™ X.

Baca Juga: Di kuartal III 2020, penjualan AC kembali sejuk

Hasilnya, lebih dari 99,99% aktivitas virus dihambat dalam waktu 2 jam. Namun sebagai catatan, verifikasi ini dirancang untuk menghasilkan data penelitian dasar tentang efek nanoe™ X pada virus corona jenis baru dalam kondisi laboratorium yang berbeda dari yang ditemukan di ruang terbuka. Ini tidak dirancang untuk mengevaluasi kinerja produk.

Perangkat nanoe™ X dipasang pada 15cm dari lantai dalam ruang uji 45L. Sepotong kain kasa yang terdapat larutan virus SARS-CoV-2 ditempatkan dalam cawan petri dan dipaparkan - ke nanoeTM X untuk waktu yang telah ditentukan. Titer infeksi virus diukur dan digunakan untuk menghitung tingkat penghambatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×