kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,39   -28,34   -2.94%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pandemi corona membuat Island Concepts (ICON) menunda proyek properti


Jumat, 21 Agustus 2020 / 16:34 WIB
Pandemi corona membuat Island Concepts (ICON) menunda proyek properti
ILUSTRASI. kamar hotel; perhotelan; villa di Jimbaran, Bbali dari PT?Island Concepts Indonesia Tbk (ICON)


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Island Concepts Indonesia Tbk (ICON) bakal wait and see untuk mengerjakan proyek propertinya di tahun ini. Salah satu proyek yang rencananya dirampungkan pertengahan tahun ini ialah Beach Club di Jimbaran, Bali.

Dengan menggandeng investor lokal, proyek tersebut memakan investasi sekitar Rp 50 miliar. "Apabila sudah ada kejelasan mengenai rencana pembukaan pariwisata dan travel, tentunya kita siap melanjutkan progress yang ada," ujar Octavianus Kuntjoro, Direktur Keuangan kepada Kontan.co.id, Jumat (21/8).

Baca Juga: Bisnis properti yang lemah menekan kinerja Island Concepts (ICON) di semester I 2020

Sementara itu untuk proyeksi pendapatan bersih, perusahaan mengaku akan mengkaji ulang, dimana pada awal tahun 2020 perusahaan sempat membidik target pendapatan hingga Rp 254 miliar atau naik 25% dibandingkan tahun lalu. "Tentu (target) ada penyesuaian," ungkap Octavianus.

Sayangnya manajemen belum merinci penyesuaian dan revisi target tersebut. 

Sampai dengan semester I-2020 pendapatan bersih ICON tercatat Rp 64,61 miliar atau merosot hingga 24% dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 84,84 miliar.

Beban pokok penjualan perseroan turut anjlok 11% secara tahunan, menjadi Rp 53,00 miliar di kuartal kedua tahun ini. Sehingga laba kotor ICON tercatat hanya Rp 11,60 miliar atau turun 54% dibandingkan periode semester I-2019 yang sebesar Rp 25,20 miliar.

Anjloknya pendapatan dan laba kotor harus bertemu dengan pos beban lainnya yang kian menggerus keuntungan perusahaan, menjadi Rp 1,39 miliar di paruh pertama tahun ini atau turun 78% secara tahunan. 

Hari ini, Jumat (21/8), perusahaan juga menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dalam agendanya memutuskan tidak ada pembagian dividen, alias laba bersih tahun lalu menjadi laba ditahan.

Baca Juga: Ada Covid-19, Island Concepts Indonesia (ICON) belum realisasikan sejumlah proyek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×