kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,26   9,90   1.07%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasca beli 20% saham INCO, MIND ID dapat jatah jabatan Wapresdir dan dua Komisaris


Senin, 07 September 2020 / 15:31 WIB
Pasca beli 20% saham INCO, MIND ID dapat jatah jabatan Wapresdir dan dua Komisaris
ILUSTRASI. Pabrik pengolahan biji NIKEL milik PT International Nickel Indonesia Tbk (INCO) di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/10/06/07


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pemerintah melalui Mining Industry Indonesia (MIND ID) akhirnya menaruh tiga perwakilan dalam pengurus di manajemen PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Satu menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur INCO dan dua orang menjabat sebagai Komisaris.

Seperti diektahui, Mining Industry Indonesia (MIND ID) bersama dengan para pemegang saham mayoritas PT Vale Indonesia Tbk (PTVI) yaitu Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM), telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham (Shares Purchase Agreement) pada tanggal 19 Juni 2020 untuk membeli 20% saham divestasi PTVI.

Dalam penjualan 20% saham divestasi ini, VCL akan melepas sahamnya sebesar 14.9% dan SMM sebesar 5.1% seharga Rp 2.780 per lembar saham atau senilai total Rp 5,52 triliun.

Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan pihaknya atau pemerintah menaruh tiga perwakilan di manajemen INCO.

"Tiga perwakilan. Adriansyah Chaniago sebagai Wakil Presiden Direktur INCO, Ogi Prastomiyono sebagai Wakil Presiden Komisaris INCO yang baru, serta Rizal Sukma sebagai Komisaris INCO," ungkap dia ke KONTAN, Senin (7/9).

Adapun profil Adriyansah Chaniago adalah Sarjana di bidang Ekonomi Pembangunan dari Universitas Padjadjaran, Bandung (1985-1990). Jabatan sebelumnya di antaranya CEO/Direktur Utama Samudra Energy (2017-2020) dan CFO Samudra Energy (2008-2017).

Dia juga pernah menjabat sebagai Senior Vice President Corporate Finance PT CIMB GK (CIMB Niaga) Securities (2007-2008), Direktur Investment Banking PT Nusantara Capital (NC Securities) (2001-2007) dan PT Bahana Securities (1998-2001).

Lalu, Ogi Prastomiyono adalah bankir Bank Mandiri. Pada Mei 2008 dia ditunjuk menjadi Direktur Bank Mandiri, bertanggung jawab untuk Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia.

Posisi terakhir Ogi di Bank Mandiri adalah sebagai Direktur Operasi hingga akhirnya efektif menjadi Direktur Layanan Strategis PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) sejak tanggal 11 April 2018.

Terakhir dari unsur pemerintah adalah Rizal Sukma, dia adalah mantan Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris, merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), yang berkedudukan di London.

Selain mengangkat tiga unsur pemerintah, manajemen Vale juga mengangkat dua komisaris lain yakni Dwia Aries Tina Pulubuhu, Guru Besar Sosiologi Universitas Hasanudin. Dwia juag pernah menjabat sebagai Rektor Unhas. Lalu ada Alexandre Silva D'Ambrosio yang merupakan pejabat di Vale S.A.

Berikut Susunan Lengkap Pengurus Baru di INCO

Jajaran Komisaris :

Presiden Komisaris : Mark James Travers
Wakil Presiden Komisaris : Ogi Prastomiyono
Komisaris : Luiz Fernando Landeiro
Komisaris : Cory McPhee
Komisaris : Nobuhiro Matsumoto
Komisaris : Rizal Sukma
Komisaris : Alexandre Silva D'Ambrosio
Komisaris Independen : Raden Sukhyar
Komisaris Independen : Rudiantara
Komisaris Independen : Dwia Aries Tina Pulubuhu

Jajaran Direksi :

Presiden Direktur : Nicolas D. Kanter
Wakil Presiden Direktur : Adriansyah Chaniago
Direktur : Febriany Eddy
Direktur : Bernardus Irmanto
Direktur : Dani Widjaja
Direktur : Agus Superiadi
Direktur : Vinicius Mendes Ferreira

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×