kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pebisnis e-commerce genjot pelanggan


Selasa, 23 November 2010 / 08:36 WIB
ILUSTRASI. Pengawasan transaksi dalam dollar AS


Reporter: Ario Fajar |

JAKARTA. Prospek menyelenggarakan fasilitas belanja secara online (e-commerce) akan kian naik seiring dengan kecenderungan masyarakat untuk memilih gaya hidup praktis termasuk dalam hal belanja. Maka, kalangan penyedia portal e-commerce terus berusaha menggenjot jumlah pelanggan dan transaksi dengan cara memperbaiki portal mereka.

Salah satunya adalah PT Belibu Indonusa, pengembang portal belanja belibu.com. Perusahaan ini baru saja menambah fitur serta konten toko online-nya yang bisa diakses via ponsel. Belibu juga menambahkan fitur baru GPS sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi-informasi yang lebih akurat, misalnya mengenai tempat usaha.

Berbeda lagi dengan yang dilakukan Plasa.com. Manajemen perusahaan ini tengah menggandeng portal jual beli global eBay untuk mendongkrak omzetnya. "Melalui kemitraan tersebut kami yakin transaksi tahun depan akan naik 20%," ujar Shinta Dhanuwardoyo, Chief Executive Officer (CEO) Plasa.com, kemarin (21/11).

Saat ini, anggota Plasa.com, menurut Shinta sudah mencapai sekitar 550.000 anggota. Dengan langkah ini, ia optimistis, akhir tahun ini, jumlah tersebut akan mencapai 600.000 orang. Plasa.com yang kini memajang sekitar 30.000 produk dari 1.500 pedagang, menurut klaim Shinta diakses oleh sekitar 50.000 orang.

Fanda Soesilo, Komisaris PT Belibu Indonusa, menyatakan bahwa gaya hidup masyarakat perkotaan yang kian praktis mendorong peningkatan penjualan lewat toko online. "Pengusaha, pebisnis, atau mereka yang ingin menjual barang atau jasa dengan cepat lebih tertarik melirik dengan cara penjualan yang seperti ini," tutur Fanda.

Tahun ini, Belibu.com menargetkan 100.000 pelanggan. Sementara tahun depan, targetnya naik jadi 120.000 pelanggan.

Fanda menyatakan, jumlah pengakses Belibu.com terus meningkat. "Saat ini jumlahnya 8.000 pengakses per hari," imbuhnya. Salah satu keunggulan situs Belibu.com, menurut klaim Fanda, adalah adanya fasilitas direktori bisnis dan iklan baris untuk memudahkan pencarian informasi dan lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×