kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengawasan bandara ditingkatkan pasca Lion Air & Wings Air pungut biaya bagasi


Kamis, 10 Januari 2019 / 17:29 WIB
Pengawasan bandara ditingkatkan pasca Lion Air & Wings Air pungut biaya bagasi


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kebijakan maskapai PT Lion Mentari Airlines dan PT Wings Abadi Airlines memutuskan memungut biaya bagasi bagi penumpangnya, Kementerian Perhubungan (Kemhub) meminta pengelola bandara meningkatkan pengawasan dan monitoring.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti  mengatakan pihaknya telah memerintahkan kepada seluruh pengeola bandara, mulai dari yang dikelola Unit Penyelenggara Bandar Udara, Badan Usaha Milik Negara, (BUMN) seperti PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II untuk menjaga ketertiban dan kelancaran pelayanan penumpang angkutan udara.

Ia mengatakan telah meminta agar mereka meningkatkan pengawasan dan monitoring terhadap perubahan ketentuan Free Baggage Allowence (FBA). Kemhub juga meminta agar segera berkoordinasi dengan Distrik Manager atau Station Manager dari maskapai PT Lion Mentari Airlines dan PT Wings Abadi Airlines bila ada masalah.

“Saya sudah perintahkan kepada manajemen Lion Air dan Wings Air agar sebelum perubahan SOP harus mensosialisasikan terlebih dahulu kepada pengguna jasa angkutan udara, sehingga hal ini tidak memberatkan atau menimbulkan kegaduhan pada masyarakat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (10/1). 

Menurut Polana, hingga saat ini kondisi di beberapa bandar udara masih berjalan normal dan lancar, belum ada laporan atau temuan penumpang yang membeli bagasi berbayar.

“Laporan sementara dari pengelola bandar udara belum ada penumpang yang membeli bagasi berbayar, kondisi aman dan lancar. Namun saya tetap meminta kepada semua pihak untuk terus mensosialisasikan aturan baru ini baik lewat banner, spanduk ataupun memberikan informasi melalui website dan media sosial,” tuturnya.

Adapun salah satu langkah yang dilakukan oleh Otoritas Bandar Udara untuk memastikan kondisi tetap aman dan lancar yaitu dengan menempatkan personil security airline di area check in counter

Polana berharap dengan adanya aturan baru yang diterapkan oleh PT Lion Mentari Airlines dan PT Wings Abadi Airlines, kegiatan angkutan udara tetap memprioritaskan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan. Begitu pun dengan memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa angkutan udara melalui pelayanan yang optimal harus terus ditingkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×