kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengurangan DOC final stock ayam pedagang stabilkan pasokan dan permintaan


Kamis, 03 September 2020 / 20:43 WIB
Pengurangan DOC final stock ayam pedagang stabilkan pasokan dan permintaan
ILUSTRASI. Peternak memberi pakan di salah satu peternakan ayam pedaging (Broiler) di Blitar, jawa Timur, Jumat (8/3/2019). Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (PINSAR) menyatakan harga jual ayam broiler hidup terus mengalami penurunan rata-rata sebesar R


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Dirjen PKH No. 09246T/SE/PK/230./F/08/2020  tentang pengurangan DOC Final Stock (FS) Ayam Ras Pedaging Melalui Cutting Hatching Egg (HE), Penyesuaian Setting HE dan Afkir Dini Parent Stock (PS) tahun 2020.

Adanya kebijakan ini bertujuan untuk mengatur keseimbangan ketersediaan stok serta permintaan ayam ras pedaging (broiler).

Menurut Sekretaris Jenderal Gabungan Asosiasi Pengusaha Peternak Ayam Nasional (Gopan) Sugeng Wahyudi, bila aturan ini diterapkan dengan baik, maka hal ini akan mempengaruhi harga jual ayam yang di atas biaya pokok produksi peternak.

Baca Juga: Harga ayam anjlok, Pinsar desak Presiden Jokowi turun tangan

"Jika SE ini bisa diimplementasikan dengan baik dan benar sesuai dengan yang tertulis, akan berdampak pada keseimbangan supply dan demand yang pada gilirannya harga akan diatas biaya pokok produksi peternak rakyat," ujar Sugeng kepada Kontan, Kamis (3/9).

Menurut Sugeng, selama ini kelemahan adanya cutting hatching egg dan kebijakan lain yang dilakukan menjadikan harga anak ayam menjadi naik, tetapi harga ayam hidup masih tetap rendah atau di bawah biaya pokok produksi peternak sehingga peternak merugi.

Meski begitu, Sugeng mengatakan akan mengikuti kebijakan pemerintah dengan melakukan pengawasan yang ketat pula. Dengan begitu, diharapkan aturan ini diterapkan dengan baik dan keseimbangan permintaan dan kebutuhan tercapai.

Adapun, berdasarkan SE tersebut seluruh pimpinan perusahaan pembibitan PS ayam ras pedaging diminta untuk menyerap livebird di Pulau Jawa dengan mengacu surat Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak nomor B-12005/TU.020/F2/08/2020 tanggal 12 Agustus 2020.

Baca Juga: Harga ayam akan membaik jika pemerintah kendalikan pasokan

Lalu, pengurangan DOC FS melalui Cutting HE umur 18 hari dengan cara menarik HE dari mesin setter sebanyak 7 juta butir per minggu khusus di Pulau Jawa dimulai pada tanggal 26 Agustus-5 September 2020.




TERBARU

[X]
×