kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan Multi Bintang (MBLI) akan terdorong program pariwisata tahun depan


Kamis, 06 Desember 2018 / 16:41 WIB
Penjualan Multi Bintang (MBLI) akan terdorong program pariwisata tahun depan
ILUSTRASI. Bir Bintang Resmi Diekspor ke Korea Selatan


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Produsen bir, PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) optimistis industri bir di dalam negeri masih mempunyai prospek yang cerah di tahun depan. Apalagi, menurut Direktur MLBI Bambang Britono, dengan gencarnya promosi wisata di Indonesia bakal meningkatkan demand produk perseroan.

"Dengan adanya program Wonderful Indonesia yang menyiapkan 10 bali atau destinasi baru tentu berdampak bagi market (Bintang)," ujarnya saat ditemui usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Kamis (6/12). Adapun penjualan MLBI saat ini masih didominasi oleh pasar lokal sebesar 98% dari total revenue.

Pendapatan dari domestik tumbuh 4,3% menjadi Rp 2,41 triliun, dimana pada periode yang sama tahun lalu tercatat Rp 2,31 triliun. Sementara ekspor tercatat tumbuh lebih dari dua kali lipat menjadi Rp 43 miliar dibandingkan kuartal tiga tahun lalu yang hanya Rp 17 miliar.

Terkait ekspor, MLBI baru saja menyuplai produk birnya ke Amerika Serikat (AS). Manajemen belum dapat membeberkan volume penjualan yang diekspor, sebab fokus utama perseroan terkait penjualan ke luar negeri ini lebih branding produk.

Bambang mengaku, bukan hal yang mudah untuk dapat memasuki pasar Negeri Paman Sam itu, namun perseroan berhasil untuk melakukannya. Mengenai harga produk di Amerika Serikat, Multi Bintang akan menyesuaikan dengan harga jual rata-rata dan harga produk alkohol di Amerika Serikat.

Untuk saat ini MLBI akan fokus di daerah California dan Hawaii, terkait negara ekspor yang baru manajemen belum dapat membeberkannya. Kedepan MLBI terus menambah portofolio produknya, baik dari alkohol maupun minuman non alkohol.

Sekadar informasi, 89% revenue MLBI disumbang oleh penjualan minuman alkohol yakni Rp 2,18 triliun sampai triwulan ketiga 2018, segmen ini bertumbuh 5,3% yoy. Sedangkan segmen minuman non-alkohol tercatat tumbuh 4,6% dari Rp 258 miliar di kuartal tiga tahun lalu menjadi Rp 270 miliar diperiode yang sama tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×