kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peritel mulai marak kembangkan pusat belanja sendiri


Senin, 25 November 2019 / 18:07 WIB
Peritel mulai marak kembangkan pusat belanja sendiri
ILUSTRASI. Hippindo bakal menggarap Hippindo City


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pelaku industri ritel saat ini dituntut kian inovatif, pasalnya tidak hanya ekspansi dan redesign gerai. Pengusaha ritel juga dituntut lebih atraktif untuk menjaga bisnisnya terus berkembang, salah satunya adalah dengan membangun dan mendesain pusat belanja yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo) misalnya yang bekerjasama dengan Vasanta Innopark dan Mitsubishi untuk menggarap Hippindo City. Belum lagi beberapa perusahaan yang sebelumnya memiliki pusat belanja untuk keperluan sendiri mulai mendatangkan tenan baru diluar dari bisnisnya.

Baca Juga: Sepatu Bata (BATA) akan menebar dividen interim, catat jadwalnya

Stefanus Ridwan, Ketua Umum Asosiasi Penglola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengaku tak heran dengan banyaknya peritel yang merangsek ke bisnis pusat belanja. Apalagi di beberapa daerah juga penambahan pusat belanja mulai stagnan, sehingga diperlukan area baru bagi peritel untuk berbisnis.

“Kalau pusat belanja itu sekarang jarang yang bangun, memang benar tenant ritel yang gede-gede cari tempat susah di mall. Apalagi di Jakarta sudah tidak ada karena bikin mall baru di Jakarta kurang menguntungkan,” ujarnya kepada KONTAN, Senin (25/11)

Menurutnya, dalam tiga tahun terakhir tidak terjadi penambahan mall baru di Jakarta karena aturan yang menyulitkan. Misalnya Perda nomor 2 tahun 2018 mengenai Perpasaran yang menggratiskan 20% area gratis untuk UMKM, sehingga pengelola pusat belanja semakin kesulitan untuk bisa balik modal.

Oleh karena itu, pengembang pusat belanja saat ini bergeser ke wilayah diluar Jakarta seperti Bekasi, Depok, Tangerang Selatan. Pasalnya diwilayah tersebut, break even point lebih  cepat ketimbang di Jakarta sekitar 12-15 tahun. Menurutnya, pembangunan pusat belanja di Jakarta saat dikembangkan dengan mixed use dengan residensial  dan hotel.

Baca Juga: Saat ini pasar saham kurang kondusif, calon emiten baru perlu siasat

Apalagi pusat belanja saat ini tidak bisa sembarangan menaikkan tarif yang ujungnya akan berpengrauh terhadap tenancy ratio. Asal tau saja, di Jakarta sendiri saja tenancy ratio pusat belanja tidak merata. Ada yang tinggi sekali namun juga ada yang sepi, tergantung pengelola mall-nya menarik pelanggan yang datang.

Oleh karena itu, dirinya mengaku tak heran bila ada peritel yang membangun pusat belanja sendiri baik untuk kebutuhan sendiri maupun disewakan kepada tenant lain. Namun dirinya mengatakan sulit untuk membangun di Jakarta karena regulasi yang ada serta keinginan peritel mendapatkan harga bersaing dengan pelayanan yang prima.




TERBARU

[X]
×