kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peritel siapkan strategi jelang natal dan tahun baru


Minggu, 27 Oktober 2019 / 19:25 WIB
Peritel siapkan strategi jelang natal dan tahun baru
ILUSTRASI. Staf merapihkan busana di Gerai Manzone, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Senin (24/6).


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Para pelaku usaha ritel mempersiapkan strategi jelang akhir tahun guna dongkrak penjualan. Adapun tren penjualan di akhir tahun 1,5x lebih tinggi dibandingkan penjualan biasanya.

FX Afat Adinata, CEO PT Mega Perintis Tbk menyebutkan menyambut akhir tahun ini pihaknya telah mempersiapkan strategi untuk mendongkrak penjualan. "Mulai dari ekspansi, produk baru, hingga diskon," ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (25/10).

Baca Juga: Pondok Indah Mall (PIM) bersiap sambut Natal dan Tahun Baru

Lebih lanjut, ia menyebutkan dari sisi ekspansi pihaknya sejauh ini telah merealisasikan 29 gerai baru dari target 30 gerai. Sedangkan, gerai terakhirnya di tahun ini akan dibuka pada bulan depan yang berlokasi di Medan.

Asal tahu saja, untuk ekspansi sendiri emiten dengan kode saham ZONE di Bursa Efek Indonesia ini menyiapkan anggaran belanja modal atawa capital expenditure Rp 30 miliar.
Selanjutnya, dari produk Afat bilang pihaknya akan menyiapkan produk winter lantaran menjelang natal. "Serta, seperti peritel lainnya juga akan memberikan promo-promo," terusnya.

Pihaknya pun optimis menyambut nataru. Menurutnya, penjualan akhir tahun lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan pada umumnya. "Peningkatan bisa 1,5x bulan biasa," terangnya.

Sementara, Fernando Repi, Head of Corporate Communication PT Matahari Putra Prima Tbk bilang pihaknya sendiri sejauh ini juga telah melakukan pembukaan beberapa gerai baru sebagai salah satu upaya meningkatkan pendapatan. "Gerai baru sudah ada yang ditambahkan," ujarnya.

Baca Juga: Grand Indonesia dan Plaza Indonesia gelar program sale sambut natal dan tahun baru

Sayangnya, pihaknya tidak menyebutkan berapa banyak gerai baru yang telah dibuka. Ia menuturkan, untuk bidikan lokasinya sendiri disebutkan bahwa untuk ekspansi sendiri pihaknya akan terus bekerja sama dengan para pengembang properti.

Menurutnya, hal tersebut lantaran pihaknya enggan untuk membuka gerai mandiri. Sekedar informasi, Emiten dengan kode saham MPPA ini mengoperasikan gerai Hypermart, FMX, Boston Foodmart.

Sekedar mengingatkan, tahun ini pihaknya juga mulai meluncurkan HyFresh yang mana berisikan bahan makanan-makanan segar. Upaya tersebut dilakukan lantaran pada awal tahun pihaknya menyebutkan berencana melepas SmartClub yang mana merupakan segmen bisnis B2B. Dari sana, MPPA ingin kembali sebagai peritel dengan mengutakan konsumen atawa bisnis B2C.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×