kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina akui konsumsi Premium berkurang sejak program langit biru berjalan


Kamis, 23 Juli 2020 / 17:44 WIB
Pertamina akui konsumsi Premium berkurang sejak program langit biru berjalan
ILUSTRASI. Pengendara mengisi bahan bakar minyak di SPBU. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) menyatakan akan terus mengikuti arahan pemerintah terkait kebijakan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) Premium. Di sisi lain, Pertamina juga terus mendorong optimalisasi penggunaan BBM berkualitas tinggi kepada masyarakat.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, keputusan mengenai penyediaan dan penyaluran Premium merupakan wewenang pemerintah. Alhasil, selama tidak ada perubahan, Pertamina akan tetap menjalankan penugasan menyalurkan Premium ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan lembaga penyalur BBM resmi.

Baca Juga: Pemerintah dorong penerbitan RUED tingkat provinsi kendati dihadang pandemi Covid-19

Kendati demikian, sebagai bentuk kepatuhan terhadap regulasi mengenai lingkungan hidup, Pertamina juga berkomitmen mengembangkan program-program edukasi untuk mendorong masyarakat agar menggunakan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan. “Ini sebagai bentuk kepedulian Pertamina terhadap kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat,” kata dia, Kamis (23/7).

Salah satu program yang gencar dilakukan Pertamina untuk memacu penggunaan BBM ramah lingkungan adalah Program Langit Biru yang sudah dimulai di kawasan Bali. Di sana, Program Langit Biru ditujukan untuk mendukung kebijakan Pemerintah Daerah Bali yang hendak mengurangi polusi udara. Hal ini terbukti dengan terbitnya Peraturan Gubernur No. 45 Tahun 2018 tentang Bali Energi Bersih.

Baca Juga: Pertamina bakal uji coba produksi green avtur di akhir tahun 2020

Meski tidak dibeberkan secara detail, Fajriyah mengaku, keberadaan program tersebut membuat konsumsi BBM jenis Pertalite dan Pertamax Series secara umum meningkat. “Penggunaan Premium juga berkurang karena masyarakat diberikan kesempatan untuk mencoba produk yang lebih berkualitas,” tutur dia.

Ia menyebut, Program Langit Biru merupakan salah satu program dari sekian banyak program Pertamina untuk mengedukasi masyarakat dalam mengkonsumsi BBM. Sebelumnya, Pertamina juga menjalankan berbagai program cashback pembelian produk BBM hingga program Berkah MyPertamina dengan undian beberapa hadiah menarik bagi konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×