kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina berharap konsumen tetap loyal menggunakan Pertamax


Kamis, 11 Oktober 2018 / 19:06 WIB
Pertamina berharap konsumen tetap loyal menggunakan Pertamax
ILUSTRASI. Petugas melayani pengendara mengisi BBM di SPBU


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenaikan harga BBM yang dijual PT Pertamina (Persero) yaitu untuk jenis Pertamax Series, Dex Series, dan Biosolar Non PSO ini sejatinya bisa membuat perubahan pola konsumsi BBM pelanggan Pertamina. Pasalnya harga pertalite dan premium masih tetap sama.

Ini berarti, konsumsi pertamax bisa berkurang dan konsumen lebih memilih BBM yang lebih murah seperti pertalite dan premium. Namun Adiatma menyebut sehari setelah kenaikan harga belum ada perubahan konsumsi BBM masyarakat. "Pagi tadi teman-teman di lapangan menyampaikan konsumsi Pertamax masih sama," kata Adiatma kepada Kontan.co.id, Kamis (11/10).

Biarpun begitu, Adiatma menyebut Pertamina akan terus memantau pola konsumsi BBM masyarakat setiap bulannya. Adiatma berharap konsumen Pertamax tetap loyal menggunakan bbm dengan RON 92 tersebut.

Pasalnya sejauh ini Pertamina sudah bisa meningkatkan penjualan Pertamax melalui berbagai program khusus yang diberikan kepada konsumen seperti Berkah Energi Pertamina. Adiatma menyebut program tersebut telah berhasil mengurangi konsumsi Premium sebesar 20% selama bulan September di seluruh Indonesia.

Konsumen yang mengikuti program tersebut telah beralih menggunakan Pertamax dan Pertalite. "Program sudah berjalan dua bulan. Pada bulan September, ada penurunan konsumsi premium sebesar 20% di seluruh Indonesia yang pindah ke Pertalite dan Pertamax," jelas Adiatma.

Makanya Adiatma berharap konsumen tidak lagi berpindah ke premium dan tetap menggunakan pertamax. Apalagi menurutnya saat ini pengguna premium di beberapa tempat di Pulau Jawa sudah tidak terlalu tinggi karena konsumen sudah tahu dengan kualitas yang lebih baik.

Pertamina juga berharap konsumen Pertamax tidak beralih ke pertalite. Saat ini, penjualan BBM Pertamina yang cukup besar adalah jenis pertalite. "Untuk penjualan pertalite, nanti kami lihat lagi, mudah-mudahan tidak (beralih ke pertalite). Kalau konsumen Pertamax kan orang yang sudah tahu mobilnya mesti pakai pertamax, mereka sudah paham," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×